Sukses

Kampung Tangguh di Jawa Timur Siap Jadi Percontohan Nasional

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa optimistis, kampung tangguh di Kota Probolinggo ini bisa berkelanjutan.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meresmikan 30 kampung tangguh di Kota Probolinggo. Dua kampung tangguh di antaranya bahkan ditinjau langsung oleh Gubernur Khofifah bersama Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, Rabu, 17 Juni 2020.

Kampung yang ditinjau langsung tersebut adalah kampung tangguh semeru Kampung Benteng RW 2 Kelurahan Mayangan Kecamatan Mayangan dan kampung tangguh Kelurahan Kanigaran Kota Probolinggo. 

"Hari ini kita berada di kampung tangguh Kota Probolinggo. Inovasinya kaya sekali. Tidak hanya menyiapkan pendisiplinan masyarakat tapi juga disiapkan pula UKM untuk layanan ekonomi yang menyertakan seluruh energi yang dipunyai," kata Khofifah. 

Partisipasi masyarakat di dua kelurahan tersebut begitu besar dalam menggerakkan sesama warga untuk penanggulangan COVID-19. Di kampung Benteng Mayangan, misalnya, ada ibu-ibu tangguh yang melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan dengan cara yang humanis. 

Selain itu, masyarakat di sana bersatu-padu membangun kemandirian ekonomi dan pangan. Terdapat lumbung pangan dengan menyediakan sembako murah, dan juga pemberdayaan UKM membuat masker dan face shield. 

Seperti mendorong bordir khas Probolinggo hingga menciptakan lagu-lagu jingle pemersatu warga kampung dalam melawan kondisi pandemi COVID-19. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Contoh Bangun Ketangguhan Masyarakat

Khofifah optimistis, kampung tangguh di Kota Probolinggo ini bisa berkelanjutan. Tak hanya dalam pandemi COVID-19 dan penyiapan new normal life, tapi ketangguhan warga juga akan dilanjutkan setelah pandemi berakhir dengan modal solidaritas dan kohesivitas sosial yang sudah terbangun dari lini paling bawah. 

"Dalam rakor bersama BPKP tiga hari lalu yang dibuka oleh Presiden, Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri menyampaikan salah satu yang dijadikan role model untuk bisa membangun ketangguhan masyarakat adalah kampung tangguh dari Jatim," tegas Khofifah yang juga mantan Menteri Sosial RI.

Saat ini banyak provinsi lain yang menggunakan terminologi yang bermacam-macam tetapi, Khofifah mengatakan, prinsip-prinsip kampung tangguh Jatim sudah dijadikan contoh secara nasional. 

3 dari 3 halaman

Optimistis Berubah Zona

Dengan diresmikannya 30 Kampung Tangguh di Kota Probolinggo ini, Khofifah juga optimistis, Kota Probolinggo, yang saat ini masuk kategori zona oranye, bisa segera menjadi zona kuning bahkan zona hijau pertama di Jawa Timur.

"Kalau kampung tangguhnya keren-keren, relawannya semangat, maka dimungkinkan Kota Probolinggo bisa menjadi zona hijau pertama di Jatim," ungkap Khofifah. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.