Sukses

Tes Cepat Hari ke-16 di Surabaya, BIN Temukan 228 Orang Reaktif

Yang mengikuti 'swab' berjumlah 144 orang dengan rincian 115 orang dari 'rapid test' dan 29 orang merupakan rujukan puskesmas.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Intelijen Negara (BIN) menemukan setidaknya 228 orang reaktif COVID-19 dari hasil tes cepat (rapid test) massal yang digelar di Surabaya, Jawa Timur kini telah memasuki hari ke-16.

Head of Medical Intelligence Dokter Sri Wulandari, salah satu dokter yang menangani tes cepat COVID-19 yang digelar BIN menuturkan, pelaksanaan "rapid test massal" secara maraton pada Sabtu, 13 Juni 2020 digelar di dua titik di Surabaya yang masuk dalam zona merah.

Di lokasi halaman Gelanggang Remaja, kata dia, sebanyak 831 orang menjadi peserta tes cepat, dan 115 orang menunjukkan hasil reaktif COVID-19, Sabtu, 13 Juni 2020.

"Yang mengikuti 'swab' berjumlah 144 orang dengan rincian 115 orang dari 'rapid test' dan 29 orang merupakan rujukan puskesmas," ujar dia, dilansir dari Antara.

Sedangkan di lokasi kedua, yakni di Jalan Raya Utama Tembok Dukuh sebanyak 935 warga Surabaya menjadi peserta tes cepat, dan 113 orang di antaranya menunjukkan hasil reaktif.

"Yang ikut 'swab' 118 orang. Rinciannya 113 dari hasil 'rapid test' yang menunjukkan reaktif dan lima orang langsung ikut swab berdasarkan rujukan dari puskesmas," kata Dokter Wulan.

BIN masih akan melanjutkan rangkaian tes cepat massal corona COVID-19 secara maraton di ibu kota Jawa Timur ini hingga 15 Juni 2020 sebagaimana arahan langsung dari Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

300 Sampel Per Hari

Kegiatan tes cepat massal tersebut didukung tenaga medis, analis laboratorium dan tenaga pendukung sebanyak 40 orang dari Jakarta dan dibantu 20 anggota BIN Daerah Jatim.

Satgas lawan COVID-19 BIN membawa langsung mobil laboratorium COVID-19, ambulans, dan peralatan pendukung lainnya di Kota Surabaya dan sekitarnya.

Mobil laboratorium itu merupakan satu dari lima mobil Laboratorium Biosafety Level 2 (BSL-2) yang bersertifikat internasional pertama di Indonesia.

Dalam tes cepat ini, BIN menyiapkan 1.000-3.000 alat "rapid test" beserta mobil lab untuk test polymerase chain reaction (PCR) atau "swab test" setiap harinya.

"Swab test diperuntukkan bagi warga yang reaktif COVID-19. Mobil lab dari BIN itu dapat mengambil 300 sampel per harinya, dengan hasil "swab test" yang bisa diketahui hanya dalam 2,5 jam.

Selain menggelar rapid test, BIN juga turut memberikan bantuan ribuan alat-alat kesehatan, seperti mobile lab PCR test, APD lengkap buat tenaga medis untuk ibu kota Jawa Timur ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.