Sukses

Risma Pantau Akses Jalan hingga Renovasi Stadion GBT Saat Akhir Pekan

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menargetkan renovasi Stadion Gelora Bung Tomo

Liputan6.com, Jakarta - Wali kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) memantau proyek pembangunan akses masuk ke Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) melalui akses Jalan Lingkar Luar Barat dan dilanjutkan meninjau renovasi GBT, Minggu.

"Jadi, dari flyover Pelindo itu turun nanti nyambung dengan jalan ini. Nanti kalau mau ke stadion yang baru bisa lewat di sini juga," kata Risma saat memberikan arahan dan berkomunikasi dengan pekerja proyek.

Dia menuturkan, pembebasan lahan sudah beres semuanya, tinggal pembangunannyan yang ditargetkan rampung akhir tahun ini. Sebab, lanjut dia, akses tersebut beserta tiga stadion baru itu akan digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U 20 tahun 2021.

"Akses ini ROW-nya 15 meter. Kita kerjakan dulu 15 meter, tapi kalau masih kurang lebar, nanti kita bisa lebarkan lagi," ujar dia, seperti dikutip dari Antara, Minggu (7/6/2020).

Setelah meninjau proyek tersebut, Risma langsung memasuki Stadion GBT untuk meninjau beberapa bagian, termasuk ruangan pers.

Bahkan, ia sempat memberikan arahan kepada Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Surabaya Robben Rico melalui video call untuk memperbaiki beberapa bagian yang harus disempurnakan.

Saat itu, ia mengatakan saat ini mengatur akses keluar-masuk bagi media, penonton, serta akses pemain beserta ruang pemanasannya, yang nantinya ada out door dan in door. Selain itu, kursi-kursi yang lama sudah dilepas dan akan segera diganti dengan yang baru.

"Mudah-mudahan kursi yang baru bisa segera dipasang. Proses pemasangannya cukup lama karena warnanya bermacam-macam," tutur Risma.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Renovasi

Ia juga memastikan target beberapa renovasi ini sekitar September atau Agustus 2020 karena renovasi itu tidak membutuhkan konstruksi besar seperti beton dan sebagainya. Oleh karena itu, ia memastikan renovasi ini bisa selesai jauh hari sebelum penyelenggaraan Piala Dunia U 20 Tahun 2021.

Risma juga memastikan, hingga saat belum ada kabar dari PSSI atau pun FIFA terkait penundaan Piala Dunia U 20 tahun 2021. Yang pasti hingga saat ini adalah Stadion GBT itu menjadi salah satu tempat digelarnya Piala Dunia U 20.

"Jadi, kalau kabar penundaan belum ada kabar, tapi kalau penentuan tempatnya, sudah pasti. Bukan hanya di Surabaya saja, tapi juga ada di Bali, Solo, Yogyakarta dan Jakarta," kata dia.

3 dari 3 halaman

Risma Bagikan Masker

Selama perjalanan menuju GBT maupun setelah pulang dari GBT, Risma berkali-kali berhenti untuk memberikan masker kepada warga, terutama bagi warga yang sedang duduk di warung-warung dan kelihatan belum memakai masker. Risma meminta warga menerapkan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya Erna Purnawati memastikan proyek pembangunan akses menuju GBT itu terus dikebut meskipun di tengah pandemi COVID-19 ini.

"Jadi, mereka ini terus bekerja meskipun COVID-19 ini, terus kami kebut. Bahkan, minggu-minggu pun mereka terus kerja, itu buktinya banyak truk yang mengantar hasil pengerukan," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.