VIDEO: Cara Unik Tokoh Masyarakat di Kediri agar Warga Patuh Protokol Kesehatan

VIDEO: Cara Unik Tokoh Masyarakat di Kediri agar Warga Patuh Protokol Kesehatan

Keranda jenazah lengkap beserta replika pocong ini dipasang di depan portal akses keluar masuk desa di Dusun Tondomulyo, Desa Gadungan, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Bahkan untuk menambah angker bagi warga, ditambahi perlengkapan prosesi pemakaman, seperti, bunga, lilin, tikar mayat, hingga payung jenazah. Pihak desa di Kediri itu memang menutup total akses masuk desa sejak hari Raya Idul Fitri.

Warga tidak bisa keluar desa dan masuk desa. Ide pemasangan dari warga ini bukan tanpa alasan, karena portal kayu yang sebelumnya biasa digunakan untuk menutup akses jalan, sering dibuka tutup sendiri oleh warga. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 26 Mei 2020.

Meski terkesan menakut-nakuti warga, tapi pemasangan keranda dan replika pocong sebenarnya sebagai pesan moral kepada seluruh masyarakat untuk selalu menaati protokol kesehatan agar tidak tertular Covid-19.

"Tujuan saya adalah memberi pesan moral kepada warga saya, dengan adanya virus Covid-19 ini jangan sampai warga kita sembrono dan tidak mengindahkan aturan atau protokol kesehatan," ungkap Solikin, Tokoh Masyarakat.

Meski ampuh, ternyata memasang hal angker di portal mendapat protes dari sejumlah warga, karena dianggap terlalu berlebihan. Namun, setelah diberi edukasi dan pemahaman, akhirnya warga tersebut bisa menerima portal jalan desa yang sudah dibuat. Rencananya portal ini dipasang hingga tujuh hari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 27 May 2020, 20:30 WIB

Video Terkait

Spotlights