Sukses

Wakil Wali Kota Surabaya Bakal Gelar Halalbihal Secara Virtual

Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menuturkan, penyelenggaraan halalbihalal pada Lebaran 2020 sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena di tengah pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana bakal menggelar halalbihalal saat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah secara virtual dengan menggunakan berbagai media dan memanfaatkan jaringan teknologi, pada Minggu, 24 Mei 2020.

"Rencananya kami tetap gelar open house seperti biasa. Hanya saja disiarkan secara langsung lewat Instagram (IG). Nanti kalau ada masyarakat yang ingin bergabung ya silahkan," kata Whisnu Sakti Buana di Surabaya, Sabtu, (23/5/2020), seperti dikutip dari Antara.

Dia menuturkan, penyelenggaraan halalbihalal pada Lebaran 2020 sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena di tengah pandemi COVID-19. Oleh karena itu, lanjut dia, agar bisa mengurangi risiko penularan virus corona jenis baru atau COVID-19, maka halalbihalal dilakukan secara virtual.

"Lebaran harus tetap jadi momen silaturahim bersama namun caranya berbeda karena penuh keterbatasan. Tapi ada teknologinya untuk virtual sehingga itu kita maksimalkan," tutur dia.

Kondisi demikian, lanjut dia, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana halalbihalal di rumah dinasnya dihadiri banyak warga Surabaya.  "Tapi untuk saat ini tidak. Kita benar-benar maksimalkan protokol kesehatan," tutur dia.

Lebih lanjut, Whisnu Sakti mengatakan kini dirinya tengah mempelajari tata cara menjadi imam Salat Idul Fitri yang akan dilaksanakan di rumah.

"Selama pandemi COVID-19, saya salat di rumah. Ini lagi belajar jadi imam untuk Salat Idul Fitri. Kalau Salat Tarawih sebulan ini sudah di rumah dan menjadi imam," kata dia.

Saksikan Video di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Putus Silaturahmi

Selain itu, Wakil Ketua DPD PDIP Jatim ini juga berpesan kepada warga Surabaya agar tidak putus silaturahmi meski Hari Raya Idul Fitri tahun ini di tengah pandemi COVID-19. Meski mudik atau pulang kampung dilarang, lanjut dia, tetapi nuansa berlebaran harus tetap terjalin, sehingga silaturahim daring atau telepon perlu dilakukan terutama kepada sanak saudara maupun keluarga terdekat.

"Secara pribadi dan keluarga, saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Untuk seluruh warga Surabaya, di tengah pandemi saat ini jangan sampai menyurutkan niat baik kita," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.