Sukses

Begini Suasana Pelabuhan Jangkar Situbondo pada Arus Mudik Lebaran 2020

Ada dua kapal feri yang beroperasi di pelabuhan penyeberangan Jangkar-Madura, yakni KMP Dharma Kartika dan KMP Satya Kencana.

Liputan6.com, Surabaya Jumlah penumpang kapal feri dari Pelabuhan Jangkar Situbondo Jatim tujuan kepulauan Madura menurun pada arus mudik Lebaran tahun ini. Larangan mudik akibat pandemi Corona Covid-19 diperkirakan menjadi penyebabnya.

Sejak H-7 Lebaran sampai saat ini, rata-rata jumlah penumpang 150 orang dalam satu kali keberangkatan kapal ke Kalianget, Sapudi, dan Pulau Raas. Pada arus mudik tahun lalu, jumlah penumpang sesuai kapasitas angkutan kapal yakni mencapai 300 penumpang.

Ada dua kapal feri yang beroperasi di pelabuhan penyeberangan Jangkar-Madura, yakni KMP Dharma Kartika dan KMP Satya Kencana.

“Dan mayoritas penumpang kapal feri adalah warga perantauan atau yang bekerja di Bali," ujar Djoni Karyadi, Koordinator Pelabuhan Jangkar Situbondo, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (22/5/2020).

Protokol kesehatan juga diberlakukan bagi penumpang kapal feri. Mereka diperiksa oleh petugas di Pelabuhan Jangkar Situbondo, seperti pengukuran suhu tubuh dan surat kesehatan serta dokumen penting lainnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.