VIDEO: Polisi Ringkus Produsen Petasan Rumahan di Bondowoso

Oleh Agustina Melani pada 22 Mei 2020, 23:30 WIB
Diperbarui 22 Mei 2020, 23:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Aparat Polres Bondowoso, Jawa Timur, Rabu pagi menggerebek rumah seorang pria berinisial S warga Kecamatan Tamanan, Bondowoso. Surahmat ditangkap usai meracik petasan di rumahnya. Dari rumah S, polisi menyita ratusan butir petasan siap edar.

Ratusan petasan ini akan dijual saat perayaan Lebaran. Hasil informasi S, polisi kemudian mendatangi rumah berinisial SA di Desa Karangmelok, Kecamatan Tamanan, Bondowoso.

Polisi juga menyita ratusan butir petasan. S dan SA merupakan satu jaringan produsen petasan yang mendapatkan pasokan bubuk petasan dari tersangka Andika, pembuat bubuk petasan warga Kecamatan Sukosari, Bondowoso. Andika ditangkap Polres Bondowoso sehari sebelumnya.

"Menghadapi menjelang lebaran di wilayah hukum Bondowoso, ini sementara jual di wilayah hukum Bondowoso, tapi dia dapatkannya dari Situbondo,” ujar AKP Agung Ari Bowo, Kasat Reskrim Polres Bondowoso.

Dari tangan S dan SA, polisi menyita lebih dari 1.000 butir petasan siap jual, berikut ratusan selongsong petasan berbagai ukuran.

Petasan tersebut rencanakan dijual seharga Rp 50.000 untuk satu butir petasan berukuran besar, serta jutaan rupiah untuk petasan model renteng atau rangkaian. Demikian diberitakan pada Liputan6, 21 Mei 2020.