Sukses

Respons Kadin Jatim Terkait Ekonomi New Normal

Kadin Jatim berharap masyarakat akan mulai sadar dengan selalu menaati protokol kesehatan sehingga ekonomi bisa kembali berjalan.

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur menilai ekonomi New Normal merupakan skema pemulihan kegiatan ekonomi yang diikuti dengan kesadaran bersama untuk mentaati protokol kesehatan dengan ketat. Protokol kesehatan itu mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan tidak berkerumun.

"Kalau industri saya kira sudah siap untuk melakukan social distancing dan physical distancing dengan sangat ketat, karena mereka akan belajar pada kasus-kasus sebelumnya. Sebab ketika ada seorang karyawan terkena, pabrik tersebut akan ditutup," ujar Ketua Umum Kadin Jawa Timur, Adik Dwi Putranto seperti dikutip dari Antara, Kamis (21/5/2020).

Adik hanya mengkhawatirkan ketika karyawan sudah tidak berada di lokasi pabrik, dan lalai dan tidak menerapkan protokol kesehatan, sehingga mereka kembali berkerumum dan tidak menggunakan masker.

"Sebab sejauh ini kesadaran seluruh masyarakat untuk selalu menaati protokol COVID-19 masih rendah. Dan masih banyak ditemui orang yang tidak menggunakan masker di jalan atau di pasar, utamanya tradisional, hal ini akan menjadi cela masuknya COVID-19 dalam lingkungan pabrik atau industri," ujar dia.

Oleh karena itu, Adik berharap masyarakat akan mulai sadar dengan selalu menaati protokol kesehatan sehingga ekonomi bisa kembali berjalan.

Ia menilai juga kalau ekonomi New Normal harus mulai bergerak seiring rencana pemerintah kembali membuka aktivitas ekonomi secara bertahap. Hal ini agar ekonomi tidak seterusnya mandek dan berhenti.

"Ekonomi harus mulai dipulihkan, utamanya untuk UMKM yang memiliki nyawa pendek dalam bertahan hidup. Karena kegiatan ekonomi menjadi detak jantung kehidupan yang akan menentukan nasib dan kondisi bangsa selanjutnya," ujar Adik.

Adik menilai, ekonomi New Normal dilakukan sebagai langkah yang tepat dan benar, sebab WHO telah menyatakan pandemi COVID-19 tidak akan hilang dari dunia hingga vaksin ditemukan.

Adik memprediksi, skema "New Normal" mulai dilaksanakan bulan depan, sebab dana pemerintah untuk membantu rakyat diperkirakan terbatas. "Mungkin hanya bisa sampai tiga bulan dan setelah itu habis. Pasti akan ada dampak sosial, bisa chaos kalau semua pada lapar," kata Adik.

Saksikan Video di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Skema New Normal Harus Disiapkan Pelaku Usaha

General Manager Javadwipa Group, Achmad Fauzi menuturkan, skenario New Normal harus disiapkan pelaku usaha, khususnya telekomunikasi sebagai bentuk strategi baru dalam memasuki kondisi baru masyarakat.

"Skenario ini akan ada banyak bentuk aplikasinya di setiap perusahaan. Namun ada sejumlah poin yang sama bisa menjadi acuan, seperti dipastikan adanya perubahan perilaku dan habit pasar sebagai akibat harus dilakukannya sejumlah protokol kesehatan terkait COVID-19," tutur dia.

Fauzi memastikan, dengan konsep ekonomi New Normal masyarakat pengguna akan lebih memilih penggunaan pola sosial berjarak, namun menginginkan metode yang bisa menghasilkan hal yang sama dengan perilaku sebelum pandemi.

"Bagaimana bentuk riilnya memang belum nampak seperti apa, tapi di sisi telekomunikasi tandanya sudah mulai muncul, dan Telkom melaporkan bahwa di era New Normal permintaan pasang baru jaringan internet naik tinggi, sehingga bisa dilihat habit orang sudah mulai bergeser lebih massif menggunakan internet," ujar dia.

Dengan demikian, kata dia, dipastikan pasar baru akan tercipta atau setidaknya muncul reorientasi pasar menyesuaikan dengan kondisi masyarakat konsumen, ditambah kebutuhan kebutuhan baru akan muncul sebagai bagian dari perubahan sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.