Sukses

Dinas Perhubungan Jatim: 7 ABK KM Kirana III Positif COVID-19

Seluruhnya ada sebanyak 35 ABK di KM Kirana III. Hasil swab menyatakan tujuh ABK terkonfirmasi positif COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak tujuh orang anak buah Kapal Motor Kirana III terkonfirmasi positif tertular virus corona (COVID-19), berdasarkan hasil pemeriksaan swab.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Nyono mengungkapkan, pemeriksaan swab terhadap ABK kapal penumpang milik perusahaan pelayaran PT Dharma Lautan Utama itu dilakukan pada 12 Mei 2020.

"Seluruhnya ada sebanyak 35 ABK di KM Kirana III. Hasil swab menyatakan tujuh ABK terkonfirmasi positif COVID-19," kata Nyono saat konferensi pers bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin malam.

Nyono memastikan ketujuh orang ABK tersebut saat ini dalam perawatan di Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (PHC) yang berlokasi di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dilansir dari Antara.

"Terhadap 28 ABK lainnya saat ini dilakukan isolasi dengan pengawasan observasi dari petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP Kelas 1 Surabaya," ujarnya.

Isolasi terhadap 28 orang ABK itu dilakukan di atas KM Kirana III di zona karantina yang berada di wilayah perbatasan Buoy 2 dan 3 perairan Tanjung Perak Surabaya.

Nyono menjelaskan, isolasi di atas kapal atau quarantine on board merupakan standar operasional prosedur yang ditetapkan oleh KKP Kelas 1 Surabaya.

"Karenanya sudah disiapkan zona karantina di area perbatasan antara Buoy 2 dan 3 perairan Tanjung Perak Surabaya," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.