Sukses

Tak Ada Penukaran Uang untuk Lebaran Tahun Ini di BI Jember

Layanan penukaran uang yang biasanya dilakukan Bank Indonesia (BI) Jember untuk persiapan Lebaran ditiadakan pada tahun ini ditiadakan

Liputan6.com, Surabaya Layanan penukaran uang yang biasanya dilakukan Bank Indonesia (BI) Jember untuk persiapan Lebaran ditiadakan pada tahun ini ditiadakan. Pembatalan tidak hanya berlaku untuk pelayanan secara online atau daring, melainkan juga layanan drive thru.

“Kami mempertimbangkan situasi saat ini, untuk mencegah penyabaran Corona Covid-19, maka layanan penukaran uang rupiah melalui www.layananpenukaranuangjember.com ditiadakan,” ujar Hestu Wibowo, Kepala Kantor Perwakilan BI Jember, seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (12/5/2020).

Meskipun demikian, masyarakat yang menjadi nasabah perbankan tetapi bisa menukarkan uang pecahan rupiah di bank setempat melalui pendebitan rekening atau QRIS.

BI Jember juga menjamin ketersediaan uang rupiah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jember dan sekitarnya dalam menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1441 H. Uang yang disiapkan mencapai Rp 4,47 triliun untuk seluruh wilayah kerja BI Jember, termasuk eks karesidenan Besuki dan Lumajang.

Hestu mengungkapkan BI Jember juga berkoordinasi dengan perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) guna memastikan tersedianya uang yang layak edar.

Selain itu, BI Jember mendorong agar masyarakat mengoptimalkan fasilitas nontunai (transfer, RTGS, kliring, QRIS, internet banking, phone banking), maupun aplikasi pembayaran non-tunai lainnya untuk membantu pencegahan penyebaran Corona Covid-19.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.