Sukses

Kapolda Jatim Fadil Imran Siap Kawal Distribusi Bansos Saat Pandemi COVID-19

Polda Jatim akan mengerahkan kekuatan yang ada serta merangkul semua pihak seperti pemerintah daerah dan TNI untuk penanganan COVID-19.

Liputan6.com, Surabaya - Kapolda Jatim yang baru menjabat Irjen Pol M. Fadil Imran menyatakan, dirinya hadir di Jawa Timur (Jatim) dalam suasana menghadapi pandemik COVID-19. Selain itu juga dalam masa perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Surabaya Raya tahap II. 

"Saya hadir di Jatim ingin memperkuat kerja sama, ingin memperkuat kolaborasi untuk sama-sama melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID-19," kata Fadil di Mapolda Jatim, Surabaya Senin (11/5/2020). 

Fadil juga menyebut, pihaknya akan melakukan tugas kepolisian yakni mengawal pendistribusian jaring pengaman sosial hingga bansos kepada masyarakat, agar tidak terjadi permainan oknum sehingga bantuan bisa tepat sasaran.

"Kemudian juga mengawal dan mengamankan jaring pengaman dari pemda, dari pemerintah pusat. Ini yang menjadi fokus awal saya," ujarnya.

Pria yang sebelumnya menjabat Sahlisosbud Kapolri itu mengatakan, Polda Jatim akan mengerahkan kekuatan yang ada serta merangkul semua pihak seperti pemerintah daerah dan TNI untuk penanganan COVID-19. Dia menuturkan, COVID-19 hanya bisa ditekan jika semua pihak mengedepankan semangat guyub dan gotong royong.

"Prioritas saya adalah bagaimana saya melaksanakan penanganan terhadap COVID-19. Seperti apa yang saya sampaikan, segenap kekuatan dan sumber daya yang dimiliki Polda Jatim akan saya kerahkan untuk bersama dengan pemda, forkopimda dan segenap lapisan masyarakat mencegah penyebaran virus corona," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal Terus Sosialisasi dan Ajak Warga Disiplin

Fadil menegaskan, pada PSBB jilid kedua, pihaknya tak akan henti sosialisasi dan mengajak masyarakat lebih disiplin untuk mencegah penularan COVID-19. 

"Tentunya kami akan memperbanyak upaya sosialisasi, upaya edukasi. Karena disiplin menjadi kuncinya. Terkait dengan terobosan, Satuan Gugus Tugas bersama forkopimda akan melaksanakan rapat dan evaluasi terkait situasi terkini. Kami akan memberikan masukan yang terbaik, melakukan penguatan yang terbaik agar PSBB tahap dua bisa terlaksana lebih baik," ujarnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.