Sukses

Risma Beri Semangat Warga Surabaya Terjangkit Corona COVID-19

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tidak segan-segan menghubungi satu per satu pasien melalui gawainya.

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) memberikan semangat dan kepedulian terhadap warganya yang berstatus sebagai orang dalam pemantauan (ODP), pasien dengan pengawasan (PDP) dan orang tanpa gejala (OTG) serta yang terkonfirmasi Corona COVID-19.

"Ibu, bagaimana kondisinya ibu? Ibu sudah tes? yang pertama negatif pakai swab. Kedua positif dan kemarin itu hasilnya sudah negatif ya," kata Wali Kota Risma kepada salah satu pasien COVID-19 saat dihubunginya melalui telepon seluler di Balai Kota Surabaya, Rabu, (6/5/2020).

Risma jika sebelumnya memberikan intervensi berupa makanan, minuman tradisional pokak dan telur, kali ini ia tidak segan-segan menghubungi satu per satu pasien melalui gawainya.

Rasa empati itu pun terlihat hari ini menjelang siang. Di depan Balai Kota Surabaya, dia tampak klesetan sambil mengutak atik ponsel sembari membawa secarik kertas yang berisikan data base. 

Satu per satu dia sapa dengan sopannya. Langkah itu, ia lakukan untuk menanyakaan kondisi mereka yang tengah berjuang melakukan isolasi diri atau berjaung melawan COVID-19. Selain itu, Risma juga menanyakan hasil tes pasien yang terbaru yang ternyata hasil tes swabnya belum keluar.

Ia memastikan kepada pasien untuk menghubungi rumah sakit tempat di mana melakukan tes agar segera diketahui hasilnya.

"Yang keempat seharusnya tanggal dua udah keluar. Nanti saya cek dan langsung saya kabari ke ibu," ujarnya.

Tidak lama setelah itu, wali kota perempuan pertama di Surabaya itu pun meminta Kepala Dinas Kesehatan Febria Rachmanita untuk menghubungi pihak rumah sakit. Selang satu menit, ia kembali menghubungi pasien lain dan memastikan kesehatan mereka.

"Halo selamat siang bapak. Gimana kondisi bapak?. Senin kemarin sudah tes, apa sudah dapat hasilnya? Bapak tes sendiri apa didampingi ibu? kemarin swab di mana pak?. Lalu setelah itu tes lagi? oh belum di tes to," kata Risma saat menghubungi pasien COVID-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Perhatian Risma

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya Febriadhitya Prajatara mengakui jika ada waktu luang, Wali Kota Risma selalu menelepon warganya yang sedang dalam pantauan agar dapat berinteraksi sekaligus memberi semangat.

"Biasanya, kalau ada waktu luang, Bu Wali Kota selalu menghubungi para ODP, OTG, dan PDP melalui ponselnya," kata dia.

Selain itu, kata dia, perhatian itu diberikan Wali Kota Risma agar warga yang berstatus sebagai ODP, PDP, OTG, maupun terkonfirmasi dapat melawan COVID-19 melalui peningkatan imunitas tubuh masing-masing.

"Perhatian beliau ini menjadi semangat tersendiri untuk mereka agar imunnya meningkat dan lekas pulih. Ini bentuk perhatian dan empati Bu Wali kepada warganya," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.