Sukses

Ribuan Kendaraan Putar Balik saat PSBB Surabaya Raya

Hingga 4 Mei 2020, jumlah keseluruhan tindakan sejak pelaksanaan PSBB di tiga wilayah sudah mencapai 13.980 tindakan.

Liputan6.com, Jakarta - Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut, sudah ada 13.980 tindakan dilakukan selama sepekan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Sampai 4 Mei 2020, jumlah keseluruhan tindakan sejak pelaksanaan PSBB di tiga wilayah sudah mencapai 13.980 tindakan," ujarnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin malam (4/5/2020).

Dari keseluruhan tindakan itu, ada 372 tindakan yang dilaksanakan pada Senin. Ada 141 tindakan di wilayah Polrestabes Surabaya, 108 di wilayah Polresta Sidoarjo, 55 di wilayah Polres Gresik, dan 68 di wilayah Polres Tanjung Perak.

"Jenisnya, baik kendaraan pribadi, umum, maupun barang. Untuk sepeda motor ada lima item. Mulai dari tidak pakai masker, suhu tubuh pengendara, roda dua berbasis aplikasi tidak mengangkut barang, mengangkut penumpang tidak sebagaimana mestinya atau berboncengan, atau melebihi kapasitas," tutur dia.

"Kemudian untuk kendaraan pribadi roda empat. Jenisnya, baik yang tidak menggunakan masker saat berkendara, penumpang melebihi kapasitas, tidak menjaga jarak, dan melebihi batas jam operasional," ia menambahkan.

Tidak hanya penindakan selama PSBB di tiga wilayah itu, Polda Jatim bersama jajaran pendukung seperti TNI dan petugas lainnya juga melakukan penindakan berkaitan Operasi Ketupat Semeru 2020.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Ketupat Semeru

Selain menjalankan misi kemanusiaan, kata Truno, Operasi Ketupat Semeru menjelang Idul Fitri juga melakukan penyekatan di delapan titik perbatasan. Tujuh di antaranya di titik perbatasan dengan Jawa Tengah dan satu titik di Banyuwangi.

"Kegiatan penyekatan Operasi Ketupat Semeru, kami meminta putar balik pengendara yang akan mudik. Totalnya, selama pelaksanaan operasi sampai saat ini, ada 5.634 yang kami minta putar balik agar tidak mudik," ujarnya.

Dari total kendaraan yang sudah diminta putar balik itu, pada Senin ini ada sebanyak 481 kendaraan yang diminta putar balik. Di antaranya 177 sepeda motor, 284 mobil pribadi, dan 20 kendaraan umum baik antarkota maupun dalam provinsi.

"Kesadaran aktif masyarakat di masa seperti ini sangat penting. Selama PSBB dan Operasi Ketupat Semeru ini Polda Jatim bersama Kodam V/Brawijaya sebagai bagian Gugus Tugas Covid-19 melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam rangka memutus mata rantai penularan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.