Sukses

25 OTG Corona Covid-19 di Kabupaten Kediri Jalani Tes Cepat, Ini Hasilnya

Sebanyak 25 orang tanpa gejala (OTG) Corona Covid-19 mengikuti tes cepat atau rapid test di Puskesmas Grogol dan Tiron, Kabupaten Kediri, Jatim.

Liputan6.com, Surabaya Sebanyak 25 orang tanpa gejala (OTG) Corona Covid-19 mengikuti tes cepat atau rapid test di Puskesmas Grogol dan Tiron, Kabupaten Kediri, Jatim. Mereka terdiri dari 18 OTG di wilayah kerja Puskesmas Grogol dan tujuh orang dari wilayah Puskesmas Tiron.

“Dua dari tujuh orang di wilayah Puskesmas Tiron yang mengikuti tes cepat adalah santri dari Ponpes Temboro Magetan yang baru pulang ke Kediri,” ujar Krisna Setiawan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatikan Kabupaten Kediri, seperti yang dikutip dari Antara, Sabtu (2/5/2020).

Hasil rapid test 25 OTG adalah non reaktif atau negatif. Tes cepat ini sebagai langkah antisipatif mencegah penyebaran sekaligus memutus penularan Corona Covid-19.

Selama ini, kegiatan rapid test  sudah dilaksanakan TRC Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri di puskesmas-puskesmas di wilayah Kabupaten Kediri. Tes cepat ini dilakukan kepada OTG maupun kontak erat hasil tracing dari kasus terkonfirmasi positif.

"Jika hasil rapid test positif, selanjutnya petugas akan melakukan uji seka untuk memastikan apakah orang tersebut terjangkit Covid-19," ucapnya.

Per 2 Mei 2020, di Kabupaten Kediri, jumlah orang dalam risiko (ODR) mencapai 17.773, OTG mencapai 517, orang dalam pemantauan (ODP) 595, pasien dalam pengawasan (PDP) 103, dan 25 orang terkonfirmasi positif Corona Covid-19. Sembilan pasien masih dirawat, dua orang sembuh, dan empat lainnya meninggal dunia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.