VIDEO: Satgas COVID-19 Pasuruan Bubarkan Kerumunan Warga Ngabuburit di Pelabuhan

Oleh Agustina Melani pada 29 Apr 2020, 21:30 WIB
Diperbarui 29 Apr 2020, 21:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Dalam video yang terekam warga, ratusan warga terlihat berkerumun dan tidak memakai masker di dekat Pelabuhan Tanjung Tembikar, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Para warga seolah tak peduli bahaya pandemi COVID-19 dan tetap menunggu waktu berbuka puasa sambil berkerumun. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 28 April 2020.

Mendapat informasi dari warga, Tim Gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, Senin petang mendatangi wilayah ini. Petugas langsung membubarkan kerumunan, serta menghadang kendaraan di sekitar pelabuhan.

Sejumlah warga pun berusaha kabur dan menghindari razia. Kepada warga, tim gabungan kembali mengingatkan agar warga tetap berada di rumah dan menjaga jarak fisik dan menggunakan masker jika terpaksa keluar rumah.

“Kita lakukan upaya sosialisasi, agar warga tidak melaksanakan kumpul-kumpul atau ngabuburit di wilayah pelabuhan,” jelas Yanuar, Kasatpol PP Pemkot Pasuruan.

Menurut data Satgas COVID-19 Kota Pasuruan, ada empat warga yang positif terpapar COVID-19, 5 warga PDP dan 87 warga masuk kategori ODP.