VIDEO: Luapan Sungai Bengawan Jero Bikin 6 Kecamatan di Lamongan Banjir

Oleh Agustina Melani pada 23 Apr 2020, 23:25 WIB
Diperbarui 23 Apr 2020, 23:25 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Belasan desa di enam kecamatan di Lamongan, Jawa Timur, terendam banjir sejak seminggu terakhir akibat meluapnya Sungai Bengawan Jero. Hampir sebagian jalan poros desa dan jalan poros kecamatan yang terendam banjir, dengan ketinggian 30 hingga 50 centimeter. Berikut video pemberitaannya pada Fokus, 20 April 2020.

Beginilah kondisi banjir di wilayah Kecamatan Glagah, Lamongan. Meski air banjir sudah mulai surut, namun ada belasan desa di enam kecamatan di Lamongan, masih dikepung banjir.

Jalan poros akses antar kecamatan, dan jalan poros desa masih terendam banjir. Rata-rata banjir di jalan raya poros antar kecamatan ini dengan ketinggian 30 hingga 50 centimeter. Bahkan sejumlah warga yang melintas dengan menggunakan sepeda motor terpaksa harus mendorongnya karena mogok.

Menurut data dari BPBD Lamongan. Banjir dari curah hujan ini sudah surut dari sebelumnya, yang sebelumnya banjir menyebar di 17 kecamatan, namun pada Minggu siang, sudah berkurang menjadi enam kecamatan.

Meski banjir sudah mulai surut, BPBD Lamongan tetap mengimbau kepada masyarakat yang terdampak banjir akibat meluapnya Sungai Bengawan Jero, agar waspada dengan banjir susulan, mengingat kondisi cuaca hujan masih tinggi.