VIDEO: Pemprov Jatim Bakal Pesan Robot Raisa untuk Ditempatkan di RS

VIDEO: Pemprov Jatim Bakal Pesan Robot Raisa untuk Ditempatkan di RS

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meninjau Ruang Isolasi Khusus baru di Rumah Sakit Unair pada Kamis, 16 April 20020. Sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan pasien Covid-19, Rumah Sakit Universitas Airlangga kini memiliki ruang isolasi baru.

Ruang isolasi ini ditempatkan di Rumah Sakit Khusus Infeksi Unair. Selain dilengkapi alat canggih dan baru, ruangan ini juga mengoperasikan robot, guna membantu tugas tim dokter. Robot yang dinamai Raisa ini, kini telah dijalankan untuk menangani pasien Covid-19 di Rumah Sakit Unair.

"Ini menurut saya, sesuatu yang memberikan ruang lebih longgar bagi seluruh tenaga kesehatan," kata Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim.

Khofifah pun berencana memesan sejumlah robot serupa untuk ditempatkan di rumah sakit besar di Jawa Timur. Robot Raisa ini, dijalankan oleh seorang operator dari jarak jauh.

Robot ini bisa masuk ke ruang isolasi dan berkomunikasi dengan pasien melalui operator. Demikian video pemberitaannya pada Liputan6, 17 April 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 20 April 2020, 14:27 WIB

Video Terkait

Spotlights