VIDEO: Robot Raisa Buatan ITS Bakal Bantu Layani Pasien Corona COVID-19

VIDEO: Robot Raisa Buatan ITS Bakal Bantu Layani Pasien Corona COVID-19

Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyerahterimakan robot Raisa kepada pihak Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya.

Robot tersebut dibuat untuk membantu dan meminimalkan kontak langsung antara tenaga medis dengan pasien Covid-19. Berikut kita simak videonya pada Liputan6, 16 April 2020.

Robot Medical Assistant ITS - Airlangga atau Raisa ini, diserahkan oleh Rektor ITS Prof. Mochamad Ashari, kepada Dirut RSUA Prof. Nasronudin di Gedung Robotika ITS, Surabaya.

Robot karya ITS dan Unair ini untuk membantu tenaga medis dalam menangani pasien virus Sars-CoV-2, yang dirawat di Rumah Sakit Unair. Robot Raisa ini didesain untuk bisa mengirim berbagai macam keperluan seperti obat, makanan, alat pelindung diri face shield ke pasien, atau ke tenaga medis.

Robot ini dilengkapi dengan sensor dan digerakkan oleh operator, sehingga bisa berjalan menuju kamar pasien Covid-19, yang telah ditentukan. Menariknya lagi, robot Raisa ini memiliki monitor yang bisa berkomunikasi dua arah, seperti pasien bisa ditanya keluhan dan bisa mengambil temperatur.

Robot ini dapat meminimalkan kontak langsung tim medis, dengan pasien Covid-19, sehingga mencegah risiko penularannya. Keunggulan lain, robot Raisa ini tidak memerlukan alat pelindung diri sehingga bisa menghemat APD.

Kerja sama ITS dan Unair juga akan membuat empat unit robot, tetapi saat ini masih satu robot yang sudah siap dioperasikan. Sedangkan tiga lainnya masih dalam proses mekanik dan elektroniknya.

Keberadaan robot Raisa yang harganya mencapai Rp 50 -- Rp 70 juta per unitnya ini, diharapkan benar-benar bisa meringankan tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 19 April 2020, 13:00 WIB

Video Terkait

Spotlights