Sukses

Aksi Peduli di Gresik Siapkan Makanan bagi Warga Terdampak Corona COVID-19

Kapolres Gresik, AKBP Kusworo Wibowo menuturkan, banyak dampak yang diakibatkan pandemi Corona COVID-19, seperti karyawan buruh yang terpaksa harus dirumahkan.

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran kepolisian resor Kabupaten Gresik, Jawa Timur, bekerja sama dengan jajaran Dandim 0817 dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik membangun sebanyak 13 dapur umum di wilayah setempat.

Dapur umum ini untuk menyiapkan makanan bagi masyarakat terdampak Corona COVID-19 dan menjaga stabilitas terutama di bidang ketahanan pangan.

Kapolres Gresik, AKBP Kusworo Wibowo menuturkan, banyak dampak yang diakibatkan wabah COVID-19, seperti karyawan buruh yang terpaksa harus dirumahkan dan beberapa pekerja atau pedagang yang mengalami penurunan pendapatan.

"Di saat wabah COVID-19, banyak masyarakat terdampak dan membuat menurunnya ekonomi. Kami bangun dapur umum dengan tujuan menjaga stabilitas ketahanan pangan dengan semangat gotong royong agar tetap tercipta situasi aman dan kondusif," ujar dia seperti dikutip dari Antara, Kamis (16/4/2020).

Kusworo mengatakan, dapur umum berfungsi untuk memasak, setelah itu nasi bungkus akan disebar ke masyarakat yang membutuhkan melalui balai desa.

"Penyebaran nasi bungkus dilakukan sesuai peta sebaran masyarakat miskin atau masyarakat miskin baru, dan dilakukan perangkat desa dengan relawan secara door to door di rumah masing-masing ataupun ditempat pangkalan ojek, terminal dan tempat-tempat lain yang membutuhkan," kata dia.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membantu Masyarakat Terdampak COVID-19

Ia berharap, dengan keberadaan dapur umum ini bisa membantu masyarakat Gresik yang kekurangan pangan, terutama masyarakat yang terdampak COVID-19.

"Mudah-mudahan kita bisa melewati semua ini, dan wabah ini bisa segera selesai," ujar dia.

Sementara itu 13 titik lokasi dapur umum yang dibangun masing-masing di UPT Shelter Dinsos Kecamatan Cerme, Balai Desa Andong Kecamatan Driyorejo, Balai Desa Pandanan Kecamatan Duduk Sampeyan, Balai desa Munggugianti Benjeng, Balai Desa Wringinanom, dan Balai Desa Sukerejo Kecamatan Bungah.

Selain itu juga dibangun di Balai Desa Petung Kecamatan Panceng, Balai Desa Pangkah Wetan Kecamatan Ujung Pangkah, Kantor Desa Kecamatan Kebomas, Gedung GOR Desa Sidorukun Kecamatan Gresik, Balai Desa Menganti, Balai Desa Mriyunan Kecamatan Sidayu serta Balai Desa Wahas Kecamatan Balongpanggang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.