Polda Jatim Bakal Terapkan Buka Tutup Jalan di Surabaya, di Mana Saja?

Oleh Liputan6.com pada 16 Apr 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 16 Apr 2020, 16:06 WIB
(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Perbesar
Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Rabu (15/4/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) akan menerapkan buka tutup di sejumlah jalan di Surabaya, Jawa Timur. Selain itu juga menjadikannya kawasan physical distancing pada pekan ini untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menuturkan, jalan di Surabaya yang akan diubah menjadi kawasan physical distancing yakni Jalan Pandegiling, Jalan Gresik, Jalan Jakarta dan Jalan Demak.

"Kawasan Pandegiling, di Jalan Gresik, Jalan Jakarta, Demak itu kami akan buka tutup, karena daerah situ daerah yang perlu menjadi perhatian khusus. Penutupannya mungkin bisa Jumat, bisa pekan ini mungkin. Kami lagi sosialisasi," ujar jenderal bintang dua tersebut, seperti dikutip dari Antara, Kamis (16/4/2020).

Kapolda mengklaim penutupan jalan ini telah mendapat respons positif dari warga, terutama warga di daerah yang ditutup.

"Kami lagi melakukan testimoni kepada warga-warga setempat dan pada umumnya mendukung," ujar Luki.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prioritas Orang yang Masih Boleh Lewat

(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Perbesar
Konferensi pers perkembangan kasus virus corona baru yang memicu COVID-19 di Gedung Grahadi, Rabu (15/4/2020) (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara meski ditutup, Luki menyebut ada sejumlah prioritas orang yang masih boleh lewat. Misalnya petugas pengirim logistik, petugas PLN, ambulans, masyarakat sekitar, hingga ojek daring yang mengirim makanan ke daerah tersebut.

"Untuk buka tutup, kami juga memberitahukan kepada masyarakat penghuni tempat tersebut. Kami memperioritaskan kepada distribusi logistik, orang yang mau ke rumah sakit ambulans, PLN, mungkin Gojek yang akan mengantar makanan, itu bisa masuk. Tapi kalau orang yang tidak jelas ini akan kami batasi," katanya.

Selain menjadikan beberapa jalan sebagai kawasan physical distancing, polisi berencana membuka Jalan Raya Darmo dan Jalan Tunjungan Surabaya yang sebelumnya ditutup.

"Untuk penutupan jalan kami sudah koordinasi dengan Dirlantas Polda Jatim, dengan Dinas Perhubungan. Dalam waktu dekat ini ada sisi Jalan Darmo dan jalan Tunjungan mungkin nanti akan dibuka," ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓