Sukses

Kasus Positif Corona COVID-19 Melonjak di Jatim, Khofifah Gelar Rapat Evaluasi

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa langsung mengutus Sekda Jatim, Heru Tjahjono untuk berkoordinasi dengan sekda di empat wilayah seiring kenaikan kasus positif Corona COVID-19.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa bakal menggelar rapat evaluasi bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja usai konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu malam (12/4/2020). 

Data terbaru dari Kemenkes RI per hari ini pukul 12.00 WIB, dan dipadukan dengan peta persebaran COVID-19 di Jatim, ada penambahan 119 pasien positif Corona COVID-19, dari 267 kini menjadi 386 orang. Hal tersebut menunjukan penambahan ini terbanyak se - Indonesia.

"Kami akan lakukan koordinasi ulang, insya Allah malam ini dengan Pak Kapolda dan Pak Pangdam untuk mendetail kan kembali," ucap Khofifah. 

Khofifah Indar Parawansa juga langsung mengutus Sekda Jatim, Heru Tjahjono untuk berkoordinasi dengan sekda di empat wilayah tersebut. 

"Setelah kami dapat konfirmasi data dari pusat maka kami meminta Pak Sekda untuk berkoordinasi dengan Sekkot Surabaya, Sekkab Sidoarjo, Sekda Lamongan dan Sekda Gresik," ujar Khofifah. 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Awal

Khofifah mengatakan, langkah awal yang dilakukan Sekda Jatim bersama sekda di empat kabupaten/kota ini ialah evaluasi. Mengingat lonjakan pasien yang terinfeksi COVID-19 sangat signifikan.

"Evaluasi dari berbagai ikhtiar untuk bisa, melakukan pencegahan penularan covid-19 dengan kebutuhan efektif," kata Khofifah.

Disinggung mengenai wacana maupun konsultasi PSBB dari daerah terpapar COVID-19, Khofifah menjawab bahwa belum menerima pemberitahuan maupun tembusan pengajuan PSBB dari 38 kabupaten/kota di Jatim. 

"Sampai dengan maghrib ini tadi belum ada Kabupaten kota yang mengkomunikasikan PSBB kepada kami (pemprov)," ucapnya.

"Tapi saya tidak tahu kalau misalnya ada kabupaten/kota yang malam ini sedang mendiskusikan, membahas, saya rasa (sebaiknya) saling update," ujar Khofifah. 

Sementara itu, Sekda Jatim, Heru mengaku telah koordinasi dengan Sekda Surabaya, Hendro Gunawan. Intinya terkait evaluasi tambahan 83 pasien positif COVID-19 dalam sehari. Selanjutnya hasil koordinasi akan dibahas bersama Gugus Tugas Provinsi Jatim yang meliputi gubernur, kapolda hingga pangdam.

"Baru saja kami koordinasi dengan Pa Sekda Kota Surabaya, besok (Senin) pagi akan kami lakukan koordinasi yang sangat detail, setelah kami menunggu hasil koordinasi Bu Gubernur, Kapolda dan Pangdam," ujar Heru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.