VIDEO: ITS Bagikan Gratis Hand Sanitizer Standar WHO

VIDEO: ITS Bagikan Gratis Hand Sanitizer Standar WHO

Sulitnya mendapatkan hand sanitizer di pasaran, akibat pandemi Covid-19. Menginspirasi mahasiswa kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, untuk membuat hand sanitizer sendiri dengan standar WHO. Cairan pencuci tangan tersebut dibagikan secara gratis kepada pengguna jalan. Berikut diberitakan pada Liputan6.

Bertempat di laboratorium kimia yang ada di kampusnya, mahasiswa Jurusan Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini, sengaja membuat hand sanitizer sendiri yang diklaim standar WHO.

Produksi hand sanitizer dirasa perlu, melihat kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat untuk mengubah perilaku menjadi lebih sehat dan higienis. Hal tersebut menginspirasi mahasiswa ITS Kimia untuk memproduksi hand sanitizer.

Pasalnya saat ini cairan pencuci tangan yang biasanya banyak dijual di toko obat dan minimarket, kini menjadi langka di pasaran. Kalau pun ada, harganya sangat melambung.

Pembuatan hand sanitizer ini dari bahan etanol, gliserin, dan aquades sesuai resep standar WHO. Racikan bahan hand sanitizer kemudian dibiarkan selama beberapa jam untuk memaksimalkan kerja hand sanitizer sebagai pembunuh kuman, dan virus.

"Sebenarnya cara pembuatannya sederhana, yaitu, dengan metode pengenceran, etanol yang pekat 96 persen itu bisa menjadi 70 hingga 80 persen, karena standar WHO, etanolnya 80 persen," ujar Ismail Azizi, Mahasiswa Kimia ITS.

Produksi hand sanitizer yang dikemas beberapa ukuran ini kemudian dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat. Secara khususnya para pengguna jalan di sekitar jalan kawasan Kampus ITS.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 12 April 2020, 07:00 WIB

Video Terkait

Spotlights