VIDEO: Inisiatif Ponpes di Gresik Bikin dan Bagikan Masker Gratis

Oleh Agustina Melani pada 10 Apr 2020, 10:00 WIB
Diperbarui 10 Apr 2020, 10:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah mewabahnya Covid-19, sejumlah santri di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, rela tak pulang kampung, demi membuat masker dan membagikannya secara gratis kepada masyarakat, instansi pendidikan, hingga petugas kepolisian.

Uniknya, sisi masker bisa diisi tisu, sehingga bisa dipakai secara berulang. Berikut kita simak videonya pada Fokus, 8 April 2020.

Seperti inilah suasana pembuatan masker oleh puluhan santri di Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan di Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Puluhan santri ini rela tak pulang kampung demi membuat masker, untuk dibagikan secara gratis ke masyarakat, guna mencegah penyebaran virus corona.

Untuk membuat masker kain ini, mula-mula kain dipotong 10 centimeter, lalu dijahit memutar dengan sisi atas diberi lubang untuk diisi tisu. Masker kemudian diberi tali dan disterika. Puluhan santri ini sudah memproduksi masker sejak beberapa minggu lalu. Dalam sehari, mereka mampu memproduksi 100 masker.

Sementara itu, Nafisul Atok, pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Ihsan. Menyampaikan saat ini sudah ada 1000 masker yang dibagikan kepada masyarakat, instansi pendidikan, hingga petugas kepolisian. Aksi kemanusiaan yang dilakukan ini, merupakan bentuk dukungan santri untuk melawan virus yang menjadi pandemi di seluruh dunia.

Para santri berharap, pembagian masker secara gratis ini mampu mengurangi dampak dari penyebaran COVID-19, sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.