Unusa Gandeng BPBD Jatim Bagi 2.000 Masker kepada Pondok Pesantren Al Hikam

Oleh Dian Kurniawan pada 08 Apr 2020, 12:46 WIB
Diperbarui 08 Apr 2020, 12:46 WIB
(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Perbesar
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memberikan bantuan masker dan hand sanitizer kepada pondok pesantren Al Hikam Bangkalan. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Surabaya - Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Peduli menyalurkan 2.000 masker dan 10 liter hand sanitizer ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikam Bangkalan, Madura, guna mencegah terjadinya penyebaran virus corona di wilayah pesantren. 

Ketua Unusa Peduli, Mohammad Ghofirin menuturkan, Unusa peduli menggandeng BPBD Provinsi Jatim untuk membantu Pondok Pesantren dalam mengantisipasi penyebaran virus corona baru (Sars-CoV-2) yang menyebabkan COVID-19. Dengan dibagikan 2.000 masker dan hand sanitizer ini menjadi langkah konkret Unusa Peduli untuk turut mencegah penyebaran virus corona baru (Sars-CoV-2).

"Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan Madura ini yang pertama kali kami berikan masker dan hand sanitizer," ucap Ghofirin, Selasa, 7 April 2020.

Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan Madura memiliki sekitar 2.000 santri yang selama pandemi COVID-19 ini telah di karantina. Minggu ini adalah masa pemulangan para santri ke rumah masing-masing. Kondisi inilah yang membuat Unusa Peduli tergerak membantu dengan membagikan masker dan hand sanitizer dengan menggandeng BPBD Provinsi Jatim.

"Apa lagi tanggal 9 April 2020 ini, Pondok Pesantren Al-Hikam akan memulangkan 2.000 santrinya ke rumah mereka, jadi masker dan hand sanitizer ini sangat bermanfaat untuk memberikan rasa aman santri agar tidak tertular virus corona," beber Ghofirin.

Unusa Peduli juga akan terus berikhtiar memberikan masker ke pondok pesantren, masjid dan siapapun yang membutuhkannya.  

"Kita sama-sama tahu bahwa saat ini pemerintah sudah mencanangkan gerakan masker untuk semua. Oleh karena itu Unusa Peduli akan berusaha membantu masker berbahan kain yang bisa dicuci dan digunakan lagi," ucap Ghofirin.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Perbesar
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memberikan bantuan masker dan hand sanitizer kepada pondok pesantren Al Hikam Bangkalan. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan, KH. M. Nuruddin A. Rahman, menyambut baik bantuan 2.000 masker serta hand sanitizer yang diberikan BPBD Provinsi Jatim melalui Unusa.

"Bantuan ini sangat bermanfaat untuk santri yang akan pulang ke rumahnya agar terhindar dari virus corona," ucapnya.

KH. Nuruddin mengapresiasi kerja sama Unusa dengan Pondok Pesantren Al Hikam Bangkalan. "Respons dari Unusa Peduli ini sangat cepat karena, hari ini kami menghubungi, hari ini pula kami bisa mendapatkannya. Memang pada Kamis 9 April 2020 ini Kami akan memulangkan para santri ke rumah masing-masing," tutur dia. 

KH. Nuruddin berharap hubungan antara Unusa dan Ponpes Al Hikam Bangkalan terus terjalin baik. "Kami berterima kasih dengan bantuan masker dan hand sanitizer ini. Semoga hubungan kerja sama semua pihak dapat terjalin semakin baik dan memberikan keberkahan," pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓