Sukses

Operasi Keselamatan Semeru 2020, Polda Jatim Bakal Bubarkan Kerumunan

Saat operasi Keselamatan Semeru 2020, Polda Jatim tidak akan menilang. Akan tetapi, tetap ada tindakan penegakan hukum di jalan pada siapapun yang melanggar.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) memodifikasi operasi simpatik dengan fokus tindakan pencegahan virus corona baru (Sars-CoV-2) yang menyebabkan COVID-19 di pelaksanaan Operasi Keselamatan Semeru 2020. Kegiatan operasi tersebut berlangsung mulai 6 April-19 April 2020.

"Dulu operasi ini Namanya simpatik, tapi ada perkembangan wabah corona, sehingga kami memodifikasi operasi yang dilaksanakan dengan tujuan mendukung penanganan pencegahan COVID-19,” ujar Wadirlantas Polda Jatim AKBP, Pranatal Hutajulu di Mapolda Jatim, seperti dikutip dari Antara, Selasa (7/4/2020).

Saat operasi itu, Polda Jatim tidak akan menilang. Akan tetapi, tetap ada tindakan penegakan hukum di jalan pada siapapun yang melanggar.

"Tidak ada operasi penilangan, ini alternatif terakhir apabila tiba-tiba ada pengendara yang ngebut-ngebutan dan melakukan pelanggaran di jalan. Kami melakukan penegakan, tapi tidak melakukan penilangan. Ini alternatif terakhir apabila ada temuan pelanggaran yang membahayakan," kata dia.

Pranatal memaparkan dalam operasi ini Polda Jatimlebih pada upaya pre-emtif dan preventif. Misalnya saja petugas patroli di jalan raya akan membubarkan masyarakat yang masih berkerumun atau nongkrong.

"Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan meliputi kegiatan pre-emtif melaksanakan patroli dan imbauan melalui publik pada kerumunan masyarakat khususnya yang ada di pinggir jalan, sesuai domain polisi lalu lintas, kami mengimbau pusat kerumunan masyarakat yang tidak produktif untuk bubar," tutur dia.

Dia menuturkan, jika kegiatan tersebut produktif, maka kegiatan tersebut akan diingatkan untuk menggunakan protokol pencegahan dengan physical distancing, jaga jarak serta menyediakan tempat cuci tangan dan cairan pembersih tangan.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagi Masker

Selain itu, Pranatal menambahkan pihaknya juga melakukan langkah konkret dengan membagi masker, cairan pembersih tangan dan penyemprotan disinfektan di sejumlah ruas jalan.

Pihaknya berharap langkah ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih mematuhi peraturan lalu lintas dan mencegah penyebaran virus corona.

"Kalau preventifnya sesuai tupoksi, kami melakukan pengaturan dan penjagaan lalu lintas secara rutin maupun melakukan rekayasa lalu lintas pada kawasan physical distancing di Jalan Darmo dan Tunjungan yang setiap hari dilakukan," ujar Pranatal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.