Sukses

100.000 Paket Sembako Muhammadiyah Jatim Siap Dibagikan

Muhammadiyah Jatim melalui Lembaga Amal Zakat Infak dan Sodaqoh (Lazismu) menyiapkan 100.000 paket sembako senilai Rp 20 miliar

Liputan6.com, Surabaya Muhammadiyah Jatim melalui Lembaga Amal Zakat Infak dan Sodaqoh (Lazismu) menyiapkan 100.000 paket sembako senilai Rp 20 miliar untuk warga yang kesulitan pangan akibat pandemi Corona Covid-19. Paket sembako itu terdiri dari 10 kilogram beras, dua kilogram gula, dan lima bungkus daging kering.

Tidak hanya Lazismu, paket sembako itu akan dihimpun juga dari rumah sakit, masjid, sekolah Muhammadiyah, serta pengusaha Muhammadiyah di Jatim. Paket sebanyak itu nantinya tidak akan dihimpun secara terpusat di Lazismu wilayah Jawa Timur tapi ditempatkan di daerah, cabang, ranting atau AUM.

“Yang akan memulai dalam waktu dekat adalah Lazismu Ngawi dengan membagikan 500 paket sembako hari ini,” ujar Zainul Muslim, Ketua Lazismu Jatim, Senin (6/4/2020).

Saat ini Lazismu Jatim juga mendistribusikan telur untuk relawan medis dan paramedis yang bertugas di rumah sakit Muhammadiyah maupun Aisyiyah Jatim. Lazismu juga membagikan paket bantuan untuk para pengemudi online, pedagang kaki lima dan kelompok masyarakat lain yang terdampak langsung pandemi Corona Covid-19.

Pada tanggal 30 Maret lalu, Lazismu Jatim sudah menginstruksikan seluruh Lazismu daerah binaannya untuk membentuk lumbung pangan (stok logistik) serta mempersiapkan ransum kemanusiaan siap saji bagi warga terdampak. Untuk mewujudkan ketahanan pangan yang kuat, Muhammadiyah Jatim juga berencana mendirikan Bulogmu atau Bulog Muhammadiyah.

Ini dalam rangka untuk mengantisipasi jika pandemi Corona Covid-19 ini berkepanjangan dan mengancam ketahanan pangan warga,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.