VIDEO: Penyemprotan Disinfektan Pakai Water Canon di Jombang dan Pamekasan

Oleh Agustina Melani pada 05 Apr 2020, 15:30 WIB
Diperbarui 05 Apr 2020, 15:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian terus melakukan upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19, dengan memanfaatkan mobil water canon untuk menyemprotkan disinfektan ke sejumlah jantung Kota Jombang pada Selasa siang.

Mobil yang biasa digunakan untuk mengurai masa dalam aksi unjuk rasa, kini digunakan untuk memaksimalkan penyemprotan disinfektan ke zona merah virus Covid-19.

Aktivitas penyemprotan disinfektan dengan menggunakan mobil water canon milik Polres Jombang, Jawa timur,  yang dilakukan petugas Kepolisian di Jalan Wachid Hasyim, Jombang, Selasa siang.

Aksi penyemprotan 10.000 liter disinfektan ini, sengaja menggunakan mobil water canon untuk memaksimalkan penyemprotan di wilayah zona merah, setelah seorang warga Jombang dinyatakan positif Covid-19.

Menurut Kapolres Jombang, aksi ini dilakukan untuk mencegah adanya penyebaran virus corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19, melalui fasilitas umum seperti jalan, dan taman kota. Tak hanya mobil water canon, sebanyak empat mobil pemadam kebakaran juga disiapkan untuk menyasar sejumlah wilayah lain di 10 titik berbeda. Berikut video liputannya pada Fokus, 1 April 2020.

Sementara di Pamekasan, Madura, aparat gabungan TNI, Polri, dan petugas BPBD, juga melakukan penyemprotan keliling kota, mulai dari Mapolres Pamekasan menuju Kantor Bupati Pamekasan, serta ke sejumlah fasilitas umum dan pasar tradisional, hingga menuju Terminal Bus Ronggosukowati, dan berakhir di jalan akses masuk Kabupaten Pamekasan.

Ini dilakukan agar kondisi lingkungan menjadi semakin sehat, dan untuk meminimalisasi segala macam penyebaran Covid-19. Selain keliling Kota Pamekasan, penyemprotan juga dilakukan serentak di seluruh wilayah hukum Polres Pamekasan, dengan melibatkan anggota Polsek dan Koramil di setiap kecamatan, di Kabupaten Pamekasan.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.