VIDEO: PT KAI Daop 7 dan 8 Batalkan Perjalanan Kereta hingga Akhir April

VIDEO: PT KAI Daop 7 dan 8 Batalkan Perjalanan Kereta hingga Akhir April

PT KAI Daerah Operasi atau Daop 8 Surabaya, membatalkan sejumlah perjalanan kereta api hingga 18 perjalanan. Sementara PT KAI Daop 7 Madiun juga membatalkan 12 perjalanan kereta api, yang melintasi wilayah mereka. Berikut kita simak videonya pada Fokus, 31 Maret 2020.

Hingga Senin siang, 18 perjalanan kereta api dari Daop 8 Surabaya, dibatalkan. Pembatalan ini berlaku dalam kurun waktu 30 Maret hingga 30 April mendatang. Dan satu perjalanan jarak pendek kereta api lokal dari Stasiun Pasar Turi hingga ke Stasiun Babat Lamongan.

Langkah ini, sebagai antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah, agar masyarakat diminta mengurangi mobilitasnya. Hari Minggu kemarin, 12 perjalanan kereta api yang sudah dibatalkan oleh PT KAI Daop 8 Surabaya.

Jumlah itu bertambah 6 perjalanan, di antaranya 3 kereta tujuan Surabaya -- Jakarta, 2 kereta tujuan Surabaya -- Yogyakarta, dan 1 kereta tujuan Surabaya -- Semarang.

"Kalau untuk saat ini hanya KA lokal dari Surabaya Pasar Turi - Babat - Bojonegoro, kita perpendek hanya menjadi Surabaya Pasar Turi dan berakhir di Stasiun Babat," kata Suprapto, Manager Humas Daop 8 Surabaya.

Sementara itu, suasana di Stasiun Madiun tampak sepi sejak Minggu, 29 Maret 2020. Nyaris tidak ada aktivitas yang berarti, menyusul pembatalan 5 perjalanan kereta api, tujuan Bandung.

Di antaranya perjalanan Kereta Api Argowilis, Turangga, Mutiara Selatan, Malabar, dan Pasundan. Bahkan tanggal 1 hingga 30 April 2020 mendatang, PT KAI Daop 7 Madiun, juga akan membatalkan 12 perjalanan kereta, menuju ke sejumlah kota.

"Pada tanggal 29 Maret kami telah mengumumkan juga beberapa KA yang tujuan ke Bandung dibatalkan perjalanannya, untuk tanggal 1 sampai 30 April juga akan dibatalkan rencana beberapa KA," kata Ixfan Hendriwintoko, Manager Humas KAI Daop 7 Madiun.

Pembatalan perjalanan kereta, merupakan upaya PT KAI mendukung upaya pemerintah mengurangi penyebaran Covid-19. Sementara bagi warga yang sudah terlanjur membeli tiket, bisa melakukan pembatalan secara online melalui KAI Access, agar tidak perlu keluar rumah untuk datang ke stasiun.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 02 April 2020, 20:30 WIB

Video Terkait

Spotlights