VIDEO: 4.000 Santri Ponpes Darul Huda Ponorogo Dipulangkan Lebih Awal

VIDEO: 4.000 Santri Ponpes Darul Huda Ponorogo Dipulangkan Lebih Awal

Mengantisipasi penyebaran Covid-19, sebuah pondok pesantren di Ponorogo, Jawa Timur, Senin pagi memulangkan 4.000 santrinya. Sebelum dipulangkan, mereka harus melewati beberapa tahapan, termasuk penyemprotan disinfektan.

Sebanyak 4.000 santri Pondok Pesantren Darul Huda Mayak, Desa Tonatan, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Senin pagi dipulangkan, menggunakan 80 bus yang disewa oleh pihak pondok.

Mereka sengaja dipulangkan, memenuhi anjuran pemerintah pusat dan Kementerian Agama. Sebelum dipulangkan, para santri ini terlebih dahulu diperiksa kesehatan, dan dipastikan tidak terjangkit Covid-19.

Sebelum naik bus, seluruh santri juga disemprot disinfektan saat keluar pondok. Sebelum ada anjuran pemulangan, pondok sudah memberlakukan lockdown selama 2 minggu.

Semua santri dikarantina dan tidak boleh keluar wilayah dari pondok pesantren untuk memnimalkan penularan COVID-19. Bahkan termasuk melarang wali santri maupun tamu masuk ke dalam pondok pesantren. Proses pemulangan santri sendiri, dilakukan dalam 3 tahap. Tahap pemulangan para santri sudah dimulai sejak Sabtu.

Meski dipulangkan hingga ke rumahnya masing-masing, santri di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak, Ponorogo ini tetap melakukan pembelajaran secara daring, yakni, diberikan tugas oleh pengasuh pondok pesantren. Selama masa tanggap darurat Covid-19, yang ditetapkan oleh pemerintah selesai. Demikian diberitakan pada Fokus, 31 Maret 2020.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 02 April 2020, 22:00 WIB

Video Terkait

Spotlights