VIDEO: Lapas Kelas IIB Jombang Batasi Kunjungan Narapidana

Oleh Agustina Melani pada 27 Mar 2020, 08:08 WIB
Diperbarui 27 Mar 2020, 08:09 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Mencegah adanya penyebaran Covid-19 di kalangan narapidana, Lapas Kelas IIB Jombang, Jawa Timur, menutup kegiatan berkunjung hingga batas tidak ditentukan.

Pihak Lapas mengaku hanya akan menerima barang titipan keluarga Lapas dan akan mengubah metode berkunjung dengan sistem video call.

Puluhan keluarga narapidana di Lapas Kelas IIB Jombang, Jawa Timur ini, terpaksa dipulangkan petugas Lapas, setelah ada larangan berkunjung yang diberlakukan Lapas mulai Senin pagi.

Keluarga hanya diperbolehkan memberikan titipan barang untuk narapidana, seperti makanan tanpa boleh bertatap langsung dengan narapidana di dalam Lapas.

Ini dilakukan untuk mencegah ada penyebaran COVID-19 di kalangan narapidana yang sedang menjalani masa hukuman di dalam Lapas. Berikut seperti diberitakan pada Fokus, 24 Maret 2020.

Keputusan larangan berkunjung bagi keluarga narapidana ini dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Meski begitu, petugas Lapas mengaku akan menyiapkan sistem berkunjung bagi keluarga narapidana dengan menggunakan video call.

Penutupan Lapas bagi pengunjung ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kontak fisik keluarga dan narapidana. Untuk mengantisipasi penularan atau penyebaran COVID-19.