Petugas Kesehatan di Gresik 10 Menit Berjemur demi Tangkal Corona COVID-19

Oleh Dian Kurniawan pada 26 Mar 2020, 12:44 WIB
Diperbarui 26 Mar 2020, 22:33 WIB
(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Surabaya - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Menganti Gresik Jawa Timur mempunyai cara tersendiri untuk menangkal penyebaran virus corona baru (Sars-CoV-2) yang memicu COVID - 19.

Di tengah-tengah sedang melayani ratusan pasien, puluhan petugas kesehatan ini tiba-tiba malah keluar dan meninggalkan pasiennya. Petugas kesehatan itu mohon pamit kepada pasiennya selama 10 menit untuk senam dan berjemur di halaman depan gedung Puskesmas Menganti Gresik

Puluhan petugas kesehatan yang terdiri dari laki - laki dan perempuan itu membentuk lingkaran dan di tengah-tengahnya berdiri seorang petugas medis perempuan yang dijadikan sebagai instruktur senam. 

Petugas kesehatan mengikuti instruksi instruktur senam tersebut dengan mulai menggelengkan kepala, tanggan hingga kaki. Senam pergerakan ini dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB, Kamis (26/3/2020). 

Kepala Puskesmas Menganti Gresik, Rahayu Nugraha menyampaikan, kegiatan ini fungsinya untuk mendapatkan sinar ultraviolet. "Menjemurnya atau panasnya itu yang perlu untuk meningkatkan daya imun," tuturnya kepada Liputan6.com.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berjemur Mulai Pukul 10.00

(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Aktivitas untuk melawan corona COVID-19 di puskesmas Menganti (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Saat ditanya apakah senam dan berjemur ini adalah untuk mencegah penyebaran COVID-19, Rahayu menjawab iya. Kegiatan ini menjadi salah satu cara mencegah penyebaran COVID-19 dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

"Kita bisanya hanya meningkatkan daya tahan supaya virus yang ada itu tidak masuk ke badan kita," kata dia.

Ditanya apa nama senam ini, Rahayu mengatakan senam ini hanya untuk pergerakan. "Cuma yang terpenting, mulai kemarin saya anjurkan untuk pemanasan atau memanaskan diri selama sepuluh menit," ucapnya. 

Rahayu menegaskan, senam dan berjemur ini tidak hanya dilakukan sekali ini saja melainkan mulai dari Senin kemarin. "Senam ini dilakukan mulai pukul 10.00 WIB, karena memang sinar ultraviolet yang produktif menangkal COVID-19 di jam itu," ujar dia.

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓