VIDEO: Sejumlah Tempat Wisata di Jatim Tutup Sementara Dampak Corona COVID-19

VIDEO: Sejumlah Tempat Wisata di Jatim Tutup Sementara Dampak Corona COVID-19

Mengantisipasi penyebaran virus corona baru yang memicu COVID-19, sejumlah lokasi wisata di Jawa Timur ditutup. Di Magetan, Taman Wisata Telaga Sarangan, dan pendakian Gunung Lawu ditutup sejak Selasa 17 Maret, dan akan dibuka 29 Maret 2020.

Sementara di Lumajang, tiga lokasi wisata yang dikelola pemerintah, yakni, Selokambang, Museum Daerah, dan Kawasan Wonorejo Terpadu juga ditutup. Berikut dilansir pada Fokus, 20 Maret 2020.

Sepi, dan tak ada pengunjung. Begitulah situasi Taman Wisata Telaga Sarangan. Sejumlah pelaku wisata, seperti tukang kuda, pengemudi kapal, pedagang kaki lima, hingga pemilik kios banyak yang menganggur.

Mereka hanya terlihat duduk-duduk karena tak ada wisatawan. Bahkan di sejumlah lokasi, banyak kios yang tutup, ditinggal pemiliknya mencari pekerjaan lain, seperti, berkebun. Hal serupa juga terjadi di lokasi pendakian Gunung Lawu. Tepatnya jalur pendakian Cemoro Sewu, dan Singolangu. Di dua lokasi ini, nyaris tidak tampak adanya aktivitas.

Mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, Pemerintah Kabupaten Lumajang, juga menutup tiga kawasan destinasi wisata yang dikelola pemerintah, di antaraya, wisata pemandian alam Selokambang di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko.

Penutupan ini dilakukan sejak Selasa, hingga 14 hari ke depan. Selain kawasan ini, pemerintah juga menutup dua destinasi wisata lain yang dikelola Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, yakni, Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT), dan Museum Daerah.

Untuk destinasi yang dikelola swasta, pemerintah melarang pengelolanya menerima wisatawan dari luar kota, dan luar negeri. Serta diimbau untuk memperketat pemeriksaan pengunjung, terutama kondisi kesehatannya.

Langkah penutupan tiga kawasan destinasi ini dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam mencegah kemungkinan penyebaran virus corona baru.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 22 March 2020, 22:33 WIB

Video Terkait

Spotlights