Sukses

Langkah Nyata Cegah Penyebaran COVID-19 lewat Wastafel Portabel di Surabaya

Pemkot Surabaya memasang 140 wastafel portabel terpasang di sejumlah fasilitas umum untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Liputan6.com, Surabaya Pemkot Surabaya memasang 140 wastafel portabel terpasang di sejumlah fasilitas umum untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Pemasangan sudah dilakukan sejak awal Maret 2020.

“"Fasilitas cuci tangan itu dipasang di sekolah-sekolah, gedung pemerintahan, taman, sentra wisata kuliner, pasar serta di berbagai fasilitas umum lainnya," ujar Iman Krestian, Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Kota Surabaya, seperti yang dikutip dari Antara, Selasa (17/3/2020).

Ia menuturkan jumlah pemasangan wastafel portabel ini akan terus bertambah setiap harinya sesuai dengan kebutuhan masyarakat, terutama di sekolah. Setiap sekolah harus memiliki lebih dari satu wastafel.

Imam juga terus mencari tempat strategis lainnya untuk dipasang wastafel portable. Tujuannya supaya warga Surabaya terbiasa mencuci tangan sesering mungkin di mana pun dan kapan pun, terlebih di tengah wabah COVID-19.

Rencananya, wastafel portabel ini juga akan dipasang secara permanen untuk titik-titik lokasi strategis sehingga bisa berjangka panjang dan dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat. Oleh karena itu, ia berharap agar warga bisa menjaga diri masing-masing melalui cara yang paling sederhana seperti cuci tangan.

"Kepedulian dan kemandirian masyarakat sangat membantu upaya pencegahan dan penanganan musibah mewabahnya COVID-19, percuma disediakan wastafel kalau tidak digunakan secara semestinya," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.