Sukses

ITS Masih Siapkan Sistem Kuliah Daring

Sekretaris ITS Dr Suhartono menuturkan,rencana meliburkan kuliah ini tidak dapat ditetapkan waktu tertentu, tetapi menunggu instruksi pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya sedang menyiapkan proses kuliah dalam jaringan (daring) dan menyemprotkan disinfektan di kampus, selama perkuliahan dialihkan ke sistem daring.

Sekretaris ITS Dr Suhartono menuturkan, saat ini media untuk kuliah daring masih disiapkan. "Jadi, bisa mengikuti kuliah di tempat masing-masing, termasuk dosennya. Jadi, mahasiswa dan dosen tidak perlu mendatangi suatu tempat untuk presensi. Hanya perlu lewat ponsel, selama ini sudah jalan (presensi daring) hanya saja dilakukan di kelas,” tutur dia.

Suhartono menuturkan, jika mahasiswa membutuhkan konsultasi dan lainnya bisa memakai media daring lainnya yang lebih fleksibel.

"Whatsapp grup juga kerap dilakukan dengan mahasiswa untuk bimbingan. Ada google class room atau share ITS. Tim daring kami juga sudah ada,” ujar dia.

Suhartono menuturkan, rencana meliburkan kuliah ini tidak dapat ditetapkan waktu tertentu, tetapi menunggu instruksi pemerintah.

"Tamu dari luar juga dibatasi, baik dalam maupun luar negeri. Yang paling banyak biasanya kunjungan dari SMA/SMK, dan sejak tiga hari lalu kami sudah tidak ada,” ujar dia.

Bahkan sejumlah agenda yang melibatkan banyak Massa juga dibatalkan. Mulai dari bursa karir, wisuda di departemen, konferensi dan talkshow. Bahkan, agenda pameran di Kanada juga telah dibatalkan penyelenggaranya. Selama perkuliahan dialihkan ke sistem daring, pihak ITS juga berencana menyemprotkan disinfektan di kampus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

UINSA Surabaya Terapkan Sistem Kuliah Daring

Sebelumnya, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya untuk sementara menjalankan kegiatan kuliah daring. Langkah ini sebagai upaya meminimalkan interaksi langsung antar-orang guna mencegah penularan virus corona penyebab COVID-19.

"Kebijakan sudah saya edarkan berupa peniadaan tatap muka selama seminggu ke depan. Bukan berarti kami meliburkan belajar mengajar, tapi kami alihkan menjadi sistem daring," kata Rektor UINSA Prof Masdar Hilmy saat dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu, perihal rencana kuliah daring mulai 16 sampai 20 Maret 2020.

Selain mengurangi kuliah tatap muka, menurut dia, universitas menunda seluruh kegiatan dosen maupun mahasiswa di luar negeri.

"Imbauannya waspada, mencegah perjalanan ke luar negeri. Perjalanan ke luar negeri ditunda,” kata dia, seperti dikutip dari Antara.

Beberapa perguruan tinggi di Tanah Air mulai Senin, 16 Maret juga melakukan kegiatan perkuliahan daring untuk mencegah penularan COVID-19.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.