Sukses

Cara Masyarakat Lumajang Jaga Kebersihan Sungai

Masyarakat Lumajang Jawa Timur (Jatim) memiliki cara untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan sungai.

Liputan6.com, Surabaya Masyarakat Lumajang Jawa Timur (Jatim) memiliki cara untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan sungai. Secara rutin, mereka menggelar Program Kali Bersih (Prokasih). Kali ini, kegiatan bersih sungai dilakukan di Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Lumajang.

“Kegiatan rutin ini dilakukan unit kerja secara bergantian di Lumajang,” ujar Yuli Harismawati, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lumajang, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (13/3/2020).

Kegiatan bersih sungai ini dilakukan dengan melibatkan unsur TNI-Polri serta komunitas dan masyarakat. Ia menilai, kebersihan sungai merupakan tanggung jawab bersama.

Selain menjaga kebersihan sungai, Prokasih juga berguna untuk mencegah pencemaran air sungai.

“Kami berharap warga sekitar sungai dan komunitas selalu aktif menjaga kebersihan sungai,” ucapnya.

Komandan Koramil Pasirian Kapten Sujarno menuturkan kegiatan menjaga kebersihan sungai semacam ini juga bertujuan memotivasi masyarakat supaya tidak membuang sampah sembarangan, termasuk ke aliran sungai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.