VIDEO: Banjir Merendam 110 Rumah Dua Kelurahan di Banyuwangi

Oleh Agustina Melani pada 11 Mar 2020, 23:24 WIB
Diperbarui 11 Mar 2020, 23:24 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak siang hingga Senin sore membuat aliran Sungai Kalilo, di pusat Kota Banyuwangi, Jawa Timur meluap.

Luapan air sungai yang bermuara di Selat Bali ini mengakibatkan ratusan rumah yang ada di dua kelurahan terendam air setinggi 1 meter lebih. Cepatnya air banjir yang meluap membuat warga tidak bisa menyelamatkan barang-barangnya yang ada dalam rumah, mereka pun hanya bisa pasrah.

Dari data tim BPBD Banyuwangi tercatat ada sekitar 110 rumah yang ada di Kelurahan Tukangkayu dan Kelurahan Kepatihan terendam banjir.

Sementara di lingkungan Kampung Ujung Kelurahan Kepatihan ada sekitar 50 rumah warga juga terendam banjir. Banjir juga diperparah dengan pasangnya air laut, khususnya bagi kawasan yang dekat muara Sungai Kalilo.

Selain itu, jalanan protokol di pusat Kota Banyuwangi juga terendam air. Saluran drainase yang ada di tepi jalan tidak mampu lagi menampung banyaknya debit air, hingga banjir pun meluap ke beberapa titik jalan raya dan mengganggu arus lalu lintas. Demikian video pemberitaannya pada Liputan6, 10 Maret 2020.