VIDEO: Status Waspada Level 2, BPBD Pantau Perkembangan Gunung Semeru

VIDEO: Status Waspada Level 2, BPBD Pantau Perkembangan Gunung Semeru

Pasca mengeluarkan guguran lava pijar dan awan panas sejauh 3 kilometer, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kembali memantau perkembangan Gunung Semeru setiap perkembangan.

Sebelumnya Selasa petang, Gunung Semeru kembali mengeluarkan awan panas sejauh 3 kilometer dari puncak kawah. Berikut diberitakan pada Liputan6, 5 Maret 2020.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kabupaten Lumajang, kembali mendatangi Pos Pantau Gunung Api Semeru di Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Tujuannya untuk melakukan koordinasi dan memastikan kondisi Gunung Semeru, pasca mengeluarkan lava pijar dan awan panas. Petugas BPBD juga berdialog dengan masyarakat sekitar untuk memastikan tidak adanya dampak hujan abu dari guguran lava pada Selasa petang.

Hingga Rabu siang, Gunung Semeru masih berstatus waspada level 2. Namun, petugas tetap menghimbau masyarakat sekitar Semeru tetap waspada, karena potensi guguran lava masih memungkinkan terjadi.

Sebelumnya, Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Selasa petang mengeluarkan awan panas guguran sejauh 3 kilometer dari puncak kawah.

Awan panas pertama kali terlihat dari bagian tengah kawah tenggara Gunung Semeru, atau 750 meter dari Puncak Mahameru. Hingga kini Gunung Semeru masih berstatus waspada level 2.

Meski begitu, petugas tetap menghimbau agar masyarakat di sekitar Gunung Semeru tetap tenang dan waspada, karena potensi guguran lava masih memungkinkan terjadi.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 09 March 2020, 07:12 WIB

Video Terkait

Spotlights