VIDEO: Puluhan Hektar Sawah di Madiun Terancam Gagal Panen, Kenapa?

VIDEO: Puluhan Hektar Sawah di Madiun Terancam Gagal Panen, Kenapa?

Puluhan hektar tanaman padi siap panen di Madiun, Jawa Timur diserang hama wereng. Upaya petani dengan melakukan penyemprotan pestisida atau obat hama seolah sia-sia, sebab pengaruh obat hilang seiring turunnya hujan, hingga membuat wereng kembali menyerang tanaman padi. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 2 Maret 2020.

Hektaran tanaman padi ini berada di Desa Klorogan, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. Meski sebagian tumbuh bagus, namun, ada sebagian yang menguning dan mati. Matinya padi ini akibat serangan hama wereng.

Saat ini, dari 60 sampai 70 hektar lahan padi di Desa Klorogan, ada sekitar 30 persen yang rusak diserang hama wereng. Pemerintah desa pun berusaha berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan penyemprotan secara massal.

Para petani mengatakan sudah melakukan berbagai usaha pencegahan, agar wereng tidak terus menyerang tanaman mereka. Namun, semua hal itu seolah sia-sia. Di antaranya usaha menyemprotkan obat hama yang tak berpengaruh, sebab selalu hilang diguyur hujan.

Pemerintah desa berharap, Dinas Pertanian setempat sering turun ke lapangan membantu petani mengatasi hama wereng. Sebab, padi milik petani di desa ini, proses tumbuhnya bagus, dan sebentar lagi panen.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 03 March 2020, 22:30 WIB

Video Terkait

Spotlights