VIDEO: Kapal Perang Canggih The Croc Buatan ITS Surabaya Bakal Selesai 2020

VIDEO: Kapal Perang Canggih The Croc Buatan ITS Surabaya Bakal Selesai 2020

Sebagai negara maritim, Indonesia sudah selayaknya memiliki pertahanan dan keamanan maritim yang kuat untuk menegakkan kedaulatannya. Berkaca dari itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya segera merampungkan pembuatan kapal perang canggih bernama The Croc, dan diperkirakan selesai pada 2020.

Pada 2020, tim dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) masih menggarap The Croc, kapal perang canggih yang dapat berubah menjadi tiga mode sekaligus.

Kapal yang dilengkapi dengan dua mesin 350 tenaga kuda tersebut mulai dirancang sejak 2011 lalu. Kapal terbuat dari bahan aluminium ini berukuran ramping dengan panjang 12 meter dan lebar hanya 3 meter.

Kapal sengaja dirancang memiliki bobot 15 ton dan cukup ringan agar bisa melayang. Sedangkan sayapnya sendiri terbuat dari baja karbon. Berikut diberitakan pada Liputan6, 27 Februari 2020.

Proses pembuatan kapal sudah mencapai 90 persen, dan nantinya dapat berubah menjadi tiga mode. Yakni kapal selam, kapal hidrofoil, dan kapal biasa pada umumnya.

Mode kapal hidrofoil merupakan kapal yang memiliki bagian seperti sayap yang dipasangkan pada penyangga di bawah lambung kapal. Ketika meningkatkan kecepatan, lambung kapal hidrofoil terangkat dari air dan terlihat seperti melayang.

Ketika menyelam, kecepatan kapal ini bisa mencapai 15 knot. Sedangkan dalam mode hidrofoil, kecepatan mencapai 35 sampai 45 knot.

Diharapkan, The Croc sebagai kapal perang buatan dalam negeri ini bisa membantu dalam menjaga pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bahkan untuk kasus penyelundupan atau pencurian yang kerap terjadi di perairan Indonesia.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 04 March 2020, 05:00 WIB

Video Terkait

Spotlights