VIDEO: Lukisan Kekinian Damar Kurung oleh Wali Murid SD Muhammadiyah Gresik

VIDEO: Lukisan Kekinian Damar Kurung oleh Wali Murid SD Muhammadiyah Gresik

Untuk melestarikan seni tradisi damar kurung, khas Gresik, puluhan ibu-ibu di Gresik mengikuti lomba lukis damar kurung. Di sini, peserta bebas menuangkan ide kreatif melukis tema-tema kekinian. Di antaranya landmark Gresik, berupa monumen Gajah Mungkur yang menjadi polemik di masyarakat. Mari kita simak video liputannya pada Fokus, 25 Februari 2020.

Puluhan ibu-ibu yang mengikuti lomba membuat seni damar kurung ini adalah wali siswa SD Muhammadiyah GKB Gresik, Jawa Timur. Secara berkelompok, mereka kompak membuat kerangka, melukis rangka, hingga mewarnai damar kurung.

Lina Prawesti, salah satu peserta lomba membuat damar kurung mengatakan, dibutuhkan kerja sama tim, kekompakan, serta kreativitas melukis damar kurung. Apalagi ia bersama para wali siswa lainnya, banyak yang baru pertama kali ini melukis damar kurung.

Di antara tujuan memperlombakan seni membuat damar kurung ini adalah agar seni khas daerah Gresik ini, tidak punah. Maka untuk menyesuaikan zaman, tema yang dilukis dalam damar kurung, bertema kekinian. Di antaranya tradisi mengunjungi makam wali atau ulama di Gresik, tradisi pasar bandeng, kuliner gresik, hingga berbagai tradisi lainnya.

Bahkan, sejumlah tugu ikonik di Gresik tak luput dilukis peserta, seperti Tugu Lontar, Tugu Keris Sumilang Gandring, hingga monumen Gajah Mungkur yang sempat viral dan menjadi polemik di masyarakat.

Pihak sekolah berharap seni tradisi damar kurung tetap ada, dan bisa berkembang. Usai dilombakan, nantinya damar kurung hasil karya ibu-ibu ini akan digantung dan dipajang di sekeliling sekolah, sebagai salah satu ikon kebanggaan warga Gresik.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 02 March 2020, 18:00 WIB

Video Terkait

Spotlights