Sukses

Jenazah Bharatu Doni Priyanto Bakal Dimakamkan di Trenggalek

Polda Jatim jemput jenazah anggota Brimob yang gugur saat baku tembak di Papua

Liputan6.com, Surabaya - Wakapolda jatim Brigjen Pol Djamaludin mengikuti prosesi upacara penjemputan jenazah Bharada Doni Priyanto, di Bandara Internasional Juanda Surabaya yang berada di Sidoarjo, Jawa Timur Minggu (1/3/2020). 

Almarhum merupakan anggota Brimob yang gugur saat baku tembak dengan kelompok kriminal separatis  bersenjata (KKSB) di Papua.  Penjemputan jenazah dihadiri Direktur Samapta Polda Jatim Kombes Pol Sugeng Ingat Rikolo dan Dansat Brimob Polda Jatim, Kapolresta Sidoarjo, Wakil Ketua Bhayangkari Jatim, Ketua Bhayangkari Cabang Resta Sidoarjo beserta Bhayangkari cabang dan ranting Brimob

Almarhum Bharada Doni Priyanto, anggota Organik Bataliyon A Resimem III Korbrimob Polri bertugas di Papua. Selanjutnya almarhum mendapatkan tugas di daerah Opitawak Timika Papua. 

Pada Jumat, 28 Februari 2020, sekitar pukul 15.32 WIB, terjadi kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB). Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw membenarkan peristiwa kontak senjata antara aparat dengan KKB. Peristiwa yang menewaskan satu anggota Brimob itu terjadi di Kali Kabur, sekitar Arwanop.

"Almarhum dianugerahi pangkat luar biasa menjadi bharatu. Dan selanjutnya jenazah diberangkatkan ke rumah duka di Trenggalek," tutur Wakapolda jatim Brigjen Pol Djamaludin di Bandara Juanda, Minggu pekan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baku Tembak

Sebelumnya, baku tembak antara aparat kepolisian dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali terjadi di tanah Papua. Seorang anggota Brimob Polri dikabarkan gugur dalam peristiwa tersebut.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw membenarkan peristiwa kontak senjata antara aparat dengan KKB. Peristiwa yang menewaskan satu anggota Brimob itu terjadi di Kali Kabur, sekitar Arwanop pada Jumat 28 Fabruari 2020 sore.

"Memang benar pada Jumat sore sempat terjadi kontak tembak dengan KKB di Kali Kabur hingga menyebabkan meninggalnya Bharada Doni Priyanto," ujar Paulus seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 29 Februari 2020.

Paulus menuturkan, kontak senjata berlangsung sekitar pukul 14.30 WIT hingga pukul 17.00 WIT. Saat ini, jenazah anggota Brimob tersebut telah dievakuasi melalui jalur darat.

Cuaca buruk di lokasi kejadian membuat evakuasi tidak bisa dilakukan menggunakan helikopter. Rencananya, jenazah anggota Brimob yang tergabung dalam tim penegakan hukum itu segera diterbangkan ke Jakarta.

"Jenazah saat ini dalam perjalanan ke Timika," ujar Paulus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.