Robusta Hingga Arabika, Ini 3 Jenis Kopi khas Jember

Oleh Erik Erfinanto pada 01 Mar 2020, 06:00 WIB
Diperbarui 01 Mar 2020, 06:00 WIB
Ilustrasi kopi luwak (iStock)
Perbesar
Ilustrasi kopi luwak (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Kabupaten Jember merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki bentuk gegrafis yang unik. Selain terdiri dari dataran rendah, kabupaten ini juga memiliki dataran tinggi seperti di lereng Gunung Argopura yang juga terkenal dengan hasil kopinya yang istimewah.

Di salah satu lereng gunung di Provinsi Jawa Timur terdapat tiga jenis kopi dengan cita rasa khas yang dihasilkan dari tempat ini. Pertama yang terbanyak adalah jenis robusta. Uniknya, robusta yang memiliki khas dominan rasa pahit berbeda dengan produksi Jember. Rasa asam khas arabika juga bisa dinikmati dari jenis robusta Jember.

Kedua, jenis kopi liberica. Wilayah geografisnya hampir sama dengan robusta yakni di dataran rendah. Soal rasa, dominan pahitnya jauh lebih kuat dibanding robusta, dikutip dari kominfo.jatimprov.co.id.

Jenis kopi yang ketiga adalah arabika, tapi kopi jenis ini masih diproduksi dalam jumlah yang relatif terbatas. Sebabnya, wilayah di lereng gungung argopura ini belum sepenuhnya sesuai dengan syarat pengembangan budidaya kopi jenis arabika.

Mengenai rasa kopi arabika Jember ini, ternyata masih menyimpan rasa asam yang cukup kuat layaknya kopi arabika pada umumnya. Meski begitu, jika diseduh dengan cara dan metode yang benar, rasa manisnya masih terasa.

 

2 dari 3 halaman

Seduhan Kopi di Lereng Argopuro

Melihat Proses Coffee Roasting, Penentu Aroma dan Karakter Kopi
Perbesar
Coffee Roaster menunjukkan biji kopi robusta yang telah disangrai atau diroasting di Mula Kopi Nusantara, BSD, Tangerang Selatan, Selasa (25/02/2020). Proses roasting akan mengalami perubahan mulai dari pengurangan kadar air, berat dan ukuran hingga perubahan warna. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Tiga jenis kopi dari Jember itu memang menggiurkan untuk segera menyeduhnya di tempat spesial. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa langsung berkunjung ke kedai B18 Coffee Bar di Jalan Mawar No.18, Tegal Rejo, Jemberlor, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Kedai ini menyediakan tiga jenis kopi Jember sekaligus.

Selain itu, Anda juga bisa membawanya pulang ke rumah, karena kedai ini juga telah menyediakan dalam bentuk bubuk. Nah, kalau ke Jember hanya untuk membeli kopi, rasanya memang kurang worth it, ya. Ada baiknya Anda juga mencoba berbagai wisata yang ada di Kabupaten Jember.

Salah satu yang terkenal adalah Puncak S89. Dari tempat ini, kamu bisa menikmati lanskap kota jember yang keren. Tak hanya itu, tempat ini juga memungkinkan Anda untuk menyaksikan keindahan Gunung Argopura dan Gunung Raung sekaligus.

Sekadar saran saja, tempat ini lebih indah jika didatangi pada pagi atau sore hari. Sambil menikmati seduhan kopi Jember, Anda juga bisa menyaksikan sang surya terbit dan tenggelam.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓