Sukses

Robusta Hingga Arabika, Ini 3 Jenis Kopi khas Jember

Kopi lokal kini telah menjadi salah satu komoditas yang membakan. Banyak pemburu yang terpacu ingin mengeksplor bergam jenis kopi baru yang ada di seluruh belahan Indonesia. Salah satu tempat buruan itu ada di Jember.

Liputan6.com, Jakarta - Kabupaten Jember merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki bentuk gegrafis yang unik. Selain terdiri dari dataran rendah, kabupaten ini juga memiliki dataran tinggi seperti di lereng Gunung Argopura yang juga terkenal dengan hasil kopinya yang istimewah.

Di salah satu lereng gunung di Provinsi Jawa Timur terdapat tiga jenis kopi dengan cita rasa khas yang dihasilkan dari tempat ini. Pertama yang terbanyak adalah jenis robusta. Uniknya, robusta yang memiliki khas dominan rasa pahit berbeda dengan produksi Jember. Rasa asam khas arabika juga bisa dinikmati dari jenis robusta Jember.

Kedua, jenis kopi liberica. Wilayah geografisnya hampir sama dengan robusta yakni di dataran rendah. Soal rasa, dominan pahitnya jauh lebih kuat dibanding robusta, dikutip dari kominfo.jatimprov.co.id.

Jenis kopi yang ketiga adalah arabika, tapi kopi jenis ini masih diproduksi dalam jumlah yang relatif terbatas. Sebabnya, wilayah di lereng gungung argopura ini belum sepenuhnya sesuai dengan syarat pengembangan budidaya kopi jenis arabika.

Mengenai rasa kopi arabika Jember ini, ternyata masih menyimpan rasa asam yang cukup kuat layaknya kopi arabika pada umumnya. Meski begitu, jika diseduh dengan cara dan metode yang benar, rasa manisnya masih terasa.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seduhan Kopi di Lereng Argopuro

Tiga jenis kopi dari Jember itu memang menggiurkan untuk segera menyeduhnya di tempat spesial. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa langsung berkunjung ke kedai B18 Coffee Bar di Jalan Mawar No.18, Tegal Rejo, Jemberlor, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember. Kedai ini menyediakan tiga jenis kopi Jember sekaligus.

Selain itu, Anda juga bisa membawanya pulang ke rumah, karena kedai ini juga telah menyediakan dalam bentuk bubuk. Nah, kalau ke Jember hanya untuk membeli kopi, rasanya memang kurang worth it, ya. Ada baiknya Anda juga mencoba berbagai wisata yang ada di Kabupaten Jember.

Salah satu yang terkenal adalah Puncak S89. Dari tempat ini, kamu bisa menikmati lanskap kota jember yang keren. Tak hanya itu, tempat ini juga memungkinkan Anda untuk menyaksikan keindahan Gunung Argopura dan Gunung Raung sekaligus.

Sekadar saran saja, tempat ini lebih indah jika didatangi pada pagi atau sore hari. Sambil menikmati seduhan kopi Jember, Anda juga bisa menyaksikan sang surya terbit dan tenggelam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.