Setigi dan Wagos, Wisata Eksotik Bukit Kapur di Gresik

Oleh Liputan Enam pada 29 Feb 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 29 Feb 2020, 08:00 WIB
Bukit Kapur Sekapuk, Tempat Instagenic yang Tengah Tren di Gresik
Perbesar
Bukit Kapur Sekapuk, Tempat Instagenic yang Tengah Tren di Gresik

Liputan6.com, Jakarta - Gresik adalah daerah di Jawa Timur yang mempunyai bukit-bukit kapur. Tak jarang, bukit-bukit kapur tersebut dijadikan sebagai potensi wisata untuk menarik pengunjung ke Gresik.

Beberapa wisata batu kapur di Gresik sudah terkenal dan banyak dikunjungi dari dalam maupun luar negeri. Biasanya, batu-batu kapur tersebut adalah bekas galian penambang.

Liputan6.com akan membahas mengenai wisata batu kapur yang ada di Gresik seperti Wisata Alam Gosari (WAGOS) dan Bukit Kapur Sekapuk Setigi. Simak rangkuman berikut mengutip dari berbagai sumber, Sabtu (29/2/2020):

1. Bukit Kapur Sekapuk Setigi

Keindahan batu kapur adalah salah satu kekayaan yang dimiliki Gresik. Terdapat banyak penambangan batu kapur di sini, bahkan beberapa di antaranya dijadikan sebagai potensi wisata seperti Bukit Kapur Sekapuk Setigi.

Mempunyai pemandangan batu-batu kapur yang indah, ternyata Bukit Kapur Sekapuk Setigi ini sempat dijadikan sebaga tempat pembuangan sampah oleh masyarakat sekitar. Peneglola Wisata Setigi, Abdul Halim mengatakan, bukit kapur ini tadinya adalah pascatambang dan kemudian dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah.

"Jadi Setigi ini sebelumnya adalah pascatambang tahun 2000 digunakan tempat sampah oleh warga sampai 2018. Tempat sampah sampe jadi istilahnya kita kerja bakti terus-menerus, bahkan setelah bersih pun kita harus membersihkan tebing-tebingnya karena di atas tebingnya masih belum kita selesaikan sampah-sampah plastik karena yang saya berdiri di sini ini sampah semua sampai di ujung sebelah sana itu sampah,” kata Abdul Halim.

Wisata Setigi mempunyai beberapa fasilitas yang diperuntukkan bagi para pengunjung seperti pahatan gerbang ghoib, patung semar, jembatan peradaban, candi topeng nusantara, miniatur masjid persia, air terjun, telaga warna, nogo giri pancoran, dan gazebo tradisional tempat berteduh.

Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan alat transportasi cikar. Cikar adalah transportasi yang ditarik oleh dua ekor sapi.

Wisatawan yang datang berasal dari berbagai daerah antara lain Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Lamongan dan Bojonegoro. Tak hanya dari dalam negeri, Wisata Setigi juga dikunjungi oleh wisatawan asing yang berasal dari Amerika, Australia, dan Malaysia.

Kini, tempat wisata ini dikelola oleh Pemerintah Desa Sekapuk karena pembangunannya menggunakan dana swadaya masyarakat setempat sebesar Rp 3,4 miliar. Pengumpulan dana ini tidak tersentuh oleh bantuan dari Pemerintah Kabupaten Gresik.

2. Wisata Alam Gosari (Wagos)

Penasaran Salju Panas, Tiga Turis Kanada Kunjungi Wisata Setigi Gresik
Perbesar
Tiga wisatawan mancanegara asal Kanada sedang mengunjungi Wisata Setigi di Kabupaten Gresik (TIMES Indonesia/Akmal)

2. Wisata Alam Gosari (Wagos)

Wisata Alam Gosari (Wagos) adalah wisata batu kapur yang terkenal di Gresik. Tempat ini berada sekitar 40 KM dari pusat kota Gresik tepatnya di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik.

Melansir dari laman instagram @gresiktourism, Wagos merupakan tempat wisata alam memadukan pemandangan alam dengan beberapa ornamen buatan yang unik dan menarik.

Di tempat ini terdapat bangunan-bangunan unik seperti hamparan kincir angin berwarna-warni seperti ladang yang bergerak diterpa angin, bangunan dengan payung-payung di langitnya. Tempat ini menjadi spot menarik untuk berfoto.

Tak hanya itu, di Wagos juga terdapat bangunan pilar atau tiang berwarna oren dan hitam membentuk seperti lorong dengan tulisan bahasa asing. Kemudian terdapat beberapa bangunan minatur rumah berwarna-warni yang berukuran mini.

Anda dapat mengunjungi Wagos untuk sekedar berjalan-jalan menghabiskan waktu atau menikmati pemandangan alam dan berfoto. Spot-spot foto di Wagos instagramable karena terbilang unik dan menarik.

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓