Sukses

Polda Jatim Bakal Panggil Enam Publik Figur Terkait Kasus Dugaan Carding

Pemanggilan enam artis tersebut oleh Polda Jatim sebagai saksi.

Liputan6.com, Surabaya - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) atau Polda Jatim akan memanggil enam publik figur untuk dijadikan sebagai saksi kasus dugaan kejahatan carding atau menggunakan data kartu kredit milik orang lain untuk membeli tiket maskapai penerbangan dan kamar hotel.

Enam publik figur tersebut berinisial GA, TM, JI, BW, AWK dan RS. Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan, dari hasil pemeriksaan terhadap tiga tersangka yang berhasil ditangkap (SG, FD dan MR), ada enam artis atau publik figur yang diduga terlibat dalam kasus tersebut. Artis itu berperan sebagai endorse. 

"Ini telah dibiayai oleh tersangka untuk beberapa perjalanan yang menggunakan maskapai penerbangan dan hotel. Dan kami sudah melakukan pemanggilan kepada dua dari enam publik figur itu di Polda Jatim, Jumat besok," tutur Truno di Mapolda  Jatim, Kamis (27/2/2020). 

Polda Jatim akan memanggil keenam artis tersebut untuk dimintai keterangan seputar kasus carding. Namun, status para artis sebagai saksi dalam kasus ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakai Endorse

Sebab berdasarkan keterangan dari tersangka, sambung Trunoyudo, dalam promosi penjualan tiket dengan media akun Instagram @TN, tersangka menggunakan cara endorsemen dari artis-artis dan selebgram.

"Artis-artis tersebut dibiayai oleh tersangka untuk beberapa perjalanan yang menggunakan maskapai penerbangan dan juga hotelnya, adapun untuk tiket-tiket yang diberikan kepada para artis tersebut diantaranya ada juga yang merupakan hasil kejahatan carding dan juga ada yang dibeli secara resmi melalui Traveloka dan booking com," papar Trunoyudo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.