Sukses

BPBD Sebut 595 Warga di Rowokangkung Lumajang Terdampak Banjir

Air mulai masuk permukiman sejak Selasa dini hari akibat hujan deras di daerah hulu pada Senin 24 Februari 2020, sehingga banjir menggenangi ratusan rumah warga setinggi 10 cm-60 cm.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mencatat sebanyak 197 kepala keluarga atau 595 jiwa yang terdampak banjir genangan di Persil Banter, Desa Rowokangkung.

"Ada tiga RT yang terdampak banjir di Dusun Persil Banter, Desa/Kecamatan Rowokangkung," kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo di Lumajang, Jawa Timur, Selasa, 25 Februari 2020.

Dia menuturkan, air mulai masuk permukiman sejak Selasa dini hari akibat hujan deras di daerah hulu pada Senin, 24 Februari 2020, sehingga banjir menggenangi ratusan rumah warga setinggi 10 cm-60 cm di jalan dan halaman rumah warga RT 01, RT 02 dan RT 03 yang berada di RW 12, dilansir dari Antara.

"Air mulai masuk kembali ke permukiman warga pada hari Selasa yang disebabkan hujan dengan intesitas deras pada Senin ( 24/2) siang hingga sore di sekitar Kecamatan Rowokangkung, Jatiroto dan Randuagung," kata dia.

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana banjir tersebut dan tidak ada pengungsian, tapi pihaknya akan memasok kebutuhan air bersih untuk warga yang terdampak banjir di Desa Rowokangkung tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemasangan Tanggul

Wawan melanjutkan, sumur-sumur warga tidak bisa digunakan dan jika hujan turun lagi, diprediksi banjir lebih lama dan lebih banyak yang akan terdampak di Desa Rowokangkung.

Sebelumnya, jebolnya tanggul Sungai Genitri yang disebabkan oleh arus sungai yang deras dan hujan yang mengguyur Kabupaten Lumajang mengakibatkan puluhan rumah di Dusun Genitri Kidul, Desa/Kecmatan Rowokangkung terendam air pada Sabtu, 22 Februari hingga Minggu 23 Februari 2020.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol (Inf) Ahmad Fauzi yang datang ke lokasi banjir bersama beberapa relawan dan masyarakat sekitar melakukan kerja bakti memperbaiki tanggul dengan tumpukan sak berisi tanah.

BPBD Lumajang bersama sejumlah pihak dan masyarakat melakukan kerja bakti pemasangan tanggul untuk menahan derasnya air sungai sudah selesai 100 persen dengan panjang 15 meter, lebar 2 meter dan tinggi 5 meter yang menggunakan kurang lebih 1.000 sak berisi tanah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.