VIDEO: Tebing 20 Meter Longsor Menutupi Jalur Wisata ke Gunung Bromo

Oleh Agustina Melani pada 17 Feb 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 17 Feb 2020, 21:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Jalan menuju wisata alam Gunung Bromo lewat jalur Tosari Pasuruan, Jawa Timur, tertutup longsor pada Kamis pagi. Tak hanya tumpukan tanah dan pepohonan, longsor juga membawa material berupa batu besar.

Hingga Kamis sore pekan lalu, BPBD setempat masih menunggu bantuan alat berat untuk menyingkirkan material longsor dari lokasi.

Jalur menuju wisata Gunung Bromo di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, tertutup material longsor. Longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Gunung Bromo sejak Rabu sore hingga malam hari.

Tak hanya material tanah, longsor dari tebing setinggi lebih dari 20 meter juga membawa bebatuan besar dan pepohonan pinus. Beruntung tak ada korban jiwa, karena saat kejadian kondisi jalan sepi.

Hanya beberapa motor roda dua yang bisa menembus tumpukan longsor, seperti motor trail. Pihak BPBD Kabupaten Pasuruan, hingga kini masih menunggu bantuan alat berat untuk membersihkan material longsor yang menutup jalan.

Sementara, agar jalur tidak tertutup total, sejumlah petugas dibantu warga berupaya membuka celah untuk kendaraan roda dua.

Hingga Kamis sore, akibat longsor jalur menuju objek wisata Gunung Bromo belum bisa dilalui kendaraan roda empat. Jika tidak turun hujan, proses evakuasi material longsor diperkirakan akan berjalan lancar. Demikian dilansir pada Fokus, 14 Februari 2020.