Sukses

Alasan Siswa SD di Sidoarjo Copot Sepatu Saat Masuk Kelas

Siswa SD pun harus melepas sepatu saat masuk ke kelas.

Liputan6.com, Surabaya Siswa SD di Sidoarjo Jawa Timur harus melepas sepatu saat masuk ke kelas. Sebab, SDN Banjarasri Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur masih tergenang banjir selama dua pekan terakhir karena curah hujan tinggi.

“Ada genangan air setinggi 40 sentimeter, termasuk saat upcara bendera, siswa juga melepas sepatu,” ujar Umi Mufinah, guru SDN Banjarasri, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (10/2/2020).

Ia menilai banjir sebenarnya sudah relatif surut karena beberapa waktu lalu, banjir menggenangi ruangan kelas. Siswa pun dipulangkan lebih cepat dari jadwal.

Umi juga melarang siswa bermain di luar kelas, termasuk menyuruh siswa SD membawa bekal dari rumah untuk dimakan saat jam istirahat.

Ia berharap Dinas Pendidikan Sidoarjo memerhatikan kondisi sekolahnya. Sebab, para sebagian siswa juga sudah mulai mengalami gatal-gatal di kaki.

Salah satu siswa SD kelas V, Vanesa, mengaku senang karena sudah mulai mengikuti pelajaran seperti kondisi normal. Sebelumya, ia lebih sering pulang awal karena ruang kelas banjir.

“Bangga juga jadi petugas upacara bendera hari ini, walaupun banjir malah asyik,” ucapnya.

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo Dwidjo P mengatakan sudah berkoordinasi dengan Dinas PUBM dan SDA Kabupaten Sidoarjo untuk menyedot air di lokasi banjir di wilayah itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.