Lontar Sewu, Warna-Warni Wisata Terbaru Gresik

Oleh Liputan Enam pada 08 Feb 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 08 Feb 2020, 08:00 WIB
Wisata Alam Madiun
Perbesar
Ilustrasi pegunungan (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Gresik, Jawa Timur salah satu lokasi industri manufaktur di Jawa Timur. Meski terkenal dengan daerah industri, Gresik juga memiliki sejumlah tempat wisata yang jadi pilihan. Salah satunya yang dikenal bukit kapur. 

Selain itu, ada juga tempat wisata lainnya di Gresik yang dapat Anda kunjungi untuk berlibur.  Pilihan wisata di Gresik di antaranya adalah wisata alami seperti pantai dan hutan mangrove. Ada pula wisata buatan seperti bukit kapur dan bendung gerak.

Baru-baru ini Gresik kembali menambah tempat wisata buatannya, yaitu Lontar Sewu. Tempat ini berlokasi di Desa Hendrosari, Menganti, Gresik, Jawa Timur.

Mengutip instagram resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik @gresiktourism, Lontar Sewu terdapat banyak spot yang cocok untuk dijadikan background foto.

Di sini pengunjung bisa menikmati semilir angin di antara daun padi yang menghampar dengan luas. Pohon-pohon tinggi tumbuh dan menambah asri. Terdapat jalan yang membentuk persegi empat dengan kayu pegangan berwarna-warni yang dibangun di atas pesawahan lengkap dengan jembatan kayu.

Pengunjung juga dapat bersantai di bangunan berbentuk saung yang ada di Lontar Sewu. Ada banyak saung yang dibangun dari bambu dengan atap dari daun.

Selain itu, terdapat landmark yang dijadikan spot untuk berswafoto seperti replika rumah yang hanya terbangun oleh satu sisi. Warna-warninya menarik setiap mata memandang.

Lontar Sewu ini sudah mulai ramai dikunjungi oleh warga. Banyak pengunjung melakukan swafoto dengan latar pemandangan alam di sekeliling Lontar Sewu ini. Jika berada di Gresik, tak ada salahnya Anda mengunjungi tempat ini untuk berlibur.

 

 

(Shafa Tasha Fadhila - Mahasiswa PNJ)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bukit Kapur Sekapuk Gresik, Eksotis dan Mirip Bangunan Yunani

Sebelumnya, Gresik, salah satu kota di Jawa Timur lebih dikenal dengan kawasan industrinya, bukan kawasan pariwisata. Akan tetapi, siapa sangka Gresik mempunyai beberapa tempat wisata yang dapat menarik perhatian karena mempunyai spot foto yang instagramable.

Salah satu wilayah di Gresik mempunyai tempat wisata yang instagramable, yaitu Desa Kapuk. Desa Kapuk adalah sebuah desa kecil yang ada di Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik. Desa Kapuk ini terletak 5km dari arah utara Jawa.

Di Desa Kapuk ini, ada tempat wisata yang sedang ramai dibicarakan yaitu Bukit Kapur Sekapuk. Bukit Kapur Sekapuk ini berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Penduduk Desa Kapuk mayoritas bekerja sebagai petani dan penggali tambang gunung kapur.

Mulanya, Bukit Kapur Sekapuk ini hanya salah satu dari beberapa perbukitan kapur di Gresik. Melansir dari gresikkab.go.id, pada 1950-an bukit ini mulai digali, digergaji, dan dipahat. Akibat penggalian dan pemahatan liar oleh para warga ini membentuk sebuah arsitektur yang eksotis dan menawan.

Bukit Kapur Sekapuk ini baru direnovasi.  Bangunannya yang disebut-sebut mirip dengan bangunan peradaban Yunani Kuno ini sudah bertambah fasilitasnya. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya yang dikutip dari berbagai sumber, Jumat, 6 Desember 2019.

Yang pertama, adanya penambahan rumah-rumah kecil. Rumah-rumah berukuran kecil ini berbentuk bulat dengan atap seperti paying. Untuk dindingnya sendiri, terbuat dari kayu dilengkapi dengan pintu. Sedangkan atapnya terbuat dari tumpukkan jerami. Tempat ini cocok dijadikan spot untuk berswafoto.

Kemudian ada patung-patung berukuran besar. Patung-patung ini berbentuk unik. Ada dua patung manusia bertubuh gempal dan menggunakan pakaian seperti pakaian pekerja di kerajaan. Selain itu, patung ini menarik perhatian karena ia mengangkat dua jarinya seperti sedang berpose foto “peace”.

Yang terakhir adalah adanya cerukan yang berbentuk menyerupai danau kecil yang di dalamnya terdapat danau-danau berukuran lebih kecil dengan air yang berwarna hijau. Sehingga jika dilihat dari atas, akan sangat kontras warna dari bukit kapur dan warna air danau tersebut. Danau ini cocok dijadikan background untuk berfoto karena instagramable.

Kawasan ini terbentang sepanjang 2-3km. Akses menuju Bukit Kapur Sekapuk ini masih belum rata, tetapi bisa ditempuh dengan berjalan kaki, sepeda gunung, sepeda motor, dan mobil. Yuk coba eksplorasi Bukit Kapur Sekapuk Gresik.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓