VIDEO: Tebing Setinggi 10 Meter di Madiun Longsor Menutup Akses Jalan Antar-Desa

VIDEO: Tebing Setinggi 10 Meter di Madiun Longsor Menutup Akses Jalan Antar-Desa

Diterjang hujan deras selama empat hari, tebing setinggi kurang lebih 10 meter di Madiun, Jawa Timur longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun material longsor sempat menutup akses jalan antar desa.

Sementara di Bojonegoro, banjir bandang menerjang ratusan rumah dan menghanyutkan seluruh perabotan rumah tangga.

Longsor terjadi di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, tepatnya di tepi jurang Toleh. Tebing setinggi kurang lebih 10 meter, ambrol tidak kuat menahan curah hujan yang tinggi.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun material longsor berupa lumpur dan batu, sempat menutup badan jalan. Semua kendaraan dari Desa Sumberbendo menuju ke Desa Tulung tidak bisa melintas, agar tidak mengganggu aktivitas warga, upaya pembersihan material longsor dilakukan petugas gabungan BPBD, TNI, dan Polri.

Sementara di Bojonegoro, ratusan rumah warga di Desa Kedung Sumber, Kecamatan Temayang, Bojonegoro, porak-poranda diterjang banjir bandang. Banjir yang datang tiba-tiba, menerjang pemukiman dan rumah warga. Berbagai macam material dan kotoran banjir seperti lumpur dan bebatuan merendam rumah warga.

Saat banjir bandang menerjang, warga tidak dapat berbuat banyak. Warga hanya berusaha menyelamatkan diri masing-masing tanpa memikirkan harta bendanya.

Akibatnya tak sedikit harta benda seperti perabotan rumah tangga, dan peralatan elektronik lain hanyut terbawa derasnya banjir. Selain rumah warga, banjir juga merusak sejumlah fasilitas umum, seperti gorong-gorong, jalan raya dan selokan.

Beruntung tidak ada korban dalam kejadian ini. Namun, kerugian materi yang ditimbulkan akibat peristiwa ini diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Demikian diberitakan pada Fokus, 5 Februari 2020

Ringkasan

Oleh Didi N pada 06 February 2020, 14:00 WIB

Video Terkait

Spotlights