VIDEO: Khawatir Corona, 35 Atlet dan Pelatih Jatim Saat Pelatihan di China Dipulangkan

VIDEO: Khawatir Corona, 35 Atlet dan Pelatih Jatim Saat Pelatihan di China Dipulangkan

Dampak mewabahnya virus corona yang terjadi di negara China memaksa Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur memulangkan 35 atlet dan pelatih yang sedang menjalani pemusatan latihan di China.

Para atlet tersebut terdiri dari cabang olahraga selam, wushu, senam. dan loncat indah yang dipersiapkan berlaga dalam PON 2020 di Papua mendatang. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, 4 Februari 2020.

Sebanyak 35 atlet dan pelatih asal Jawa Timur yang tengah berlatih di China untuk persiapan PON 2020 di Papua, terpaksa dipulangkan ke Tanah Air. Menyusul merebaknya wabah virus corona di Wuhan, China.

Hal ini sesuai instruksi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, tapi sebelum dipulangkan ke Tanah Air, mereka dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pihak otoritas kesehatan China maupun Indonesia. Bahkan para atlet juga harus menjalani masa karantina di RS Dr. Soetomo untuk memastikan negatif virus corona.

Namun dari 35 atlet dan pelatih tahap awal, baru 22 orang yang berhasil pulang ke Indonesia dan mendapat izin dari otoritas kesehatan. Sedangkan 13 lainnya masih tertahan di China, yakni 5 atlet masih berada di Sanmen lokasi pemusatan latihan dan 8 atlet berada di Shanghai. Mereka tertahan, karena masih dalam pemeriksaan otoritas kesehatan di China.

"Sesampai di Juanda, mereka oleh KKP diarahkan ke RS Dr. Soetomo yang sudah ada timnya, guna pemeriksaan sesuai standard yang sudah ditetapkan,"berikut pernyataan Erlangga Satriagung, Ketua KONI Jatim.

Setelah tiba di Surabaya, para atlet dan pelatih tidak diperbolehkan pulang ke rumah, tapi langsung dibawa ke RSUD Dr. Soetomo untuk dilakukan pemeriksaan intensif. Sementara itu, latihan para atlet akan dipindahkan ke negara lain untuk persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 05 February 2020, 23:30 WIB

Video Terkait

Spotlights